Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Fitur Baru WhatsApp di iPhone, Ada Pesan Suara Sekali Dengar

Kompas.com - 13/12/2023, 15:02 WIB
Caroline Saskia,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo


KOMPAS.com
- Platform perpesanan instan WhatsApp kini menggelontorkan tiga fitur baru untuk pengguna iOS (iPhone). Ketiga fitur tersebut mencakup “pin” pesan di dalam ruang obrolan, pesan suara sekali dengar, dan fitur connection health (kualitas koneksi).

Situs WABetaInfo menjabarkan ketiga fitur yang bisa ditemukan di pembaruan WhatsApp iOS versi 23.25.79. Berikut adalah rinciannya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (13/12/2023).

Pin pesan teks di dalam grup

Tampilan dari pesan yang ditandai di dalam ruang obrolan WhatsAppTech Crunch Tampilan dari pesan yang ditandai di dalam ruang obrolan WhatsApp

WhatsApp (WA) memungkinkan penggunanya menandai pesan teks tertentu yang dianggap penting/prioritas di dalam obrolan grup WA. Dari ilustrasi gambar di atas, dapat diketahui bahwa cara kerja fitur "Pin Chat" ini mirip seperti pesaingnya, Telegram.

Ketika sebuah pesan diberi "pin" atau ditandai, akan muncul notifikasi "You pinned a message" (Anda menandai sebuah pesan). Artinya, seluruh anggota grup WA akan mengetahui siapa saja orang yang menandai sebuah pesan teks di dalam obrolan.

Tidak hanya itu, pesan yang ditandai juga akan memiliki ikon "pin" yang terletak di bagian bawah kanan, dekat informasi waktu.

Baca juga: Cara Bikin Stiker WhatsApp di iPhone Mudah Tanpa Aplikasi

Pesan yang ditandai juga tampil paling atas, tepat di bawah kolom nama grup. Guna memudahkan peserta mengetahui atau membaca pesan penting di dalam grup.

Pesan teks pinned message ini dapat diatur agar otomatis terhapus setelah durasi tertentu. Ada tiga opsi yang tersedia, yaitu selama 24 jam (1 hari), 7 hari (1 minggu), dan 30 hari (1 bulan). Pesan juga bisa dihapus manual sebelum tenggat waktu tersebut.

Fitur ini cocok untuk peserta yang tergabung dalam grup yang aktif bertukar informasi, agar tidak melewatkan informasi penting yang dibagikan.

Pesan suara sekali dengar

Ilustrasi fitur pesan suara sekali lihat di WhatsAppTecn Crunch Ilustrasi fitur pesan suara sekali lihat di WhatsApp

Fitur kedua adalah pesan suara yang dapat didengar satu kali, alias view once audio. Tampilan fitur pesan suara sekali dengar ini juga identik dengan pesan sekali lihat.

Bedanya, jika foto/video sekali lihat yang dikirim akan tertulis “Photo” dengan ikon nomor “1”, sedangkan pesan suara sekali lihat bertuliskan “Audio”.

Cara kerja dari fitur ini juga serupa. Pesan akan otomatis terhapus dan tidak dapat didengar kembali setelah penerima pesan mengaksesnya. Pengguna yang ingin kembali mendengar harus meminta pengirim pesan mengirim ulang.

Baca juga: Cara Keluar Komunitas WhatsApp dan Menonaktifkannya

Fitur pesan suara sekali dengar ini juga tidak dapat disimpan di dalam ponsel, direkam, atau diteruskan (forward) ke pengguna lain di luar ruang obrolan.

“Connection Health” di panggilan video

Beralih ke fitur ketiga, “Connection Health” alias kualitas koneksi. Fitur ini memungkinkan pengguna memeriksa atau menilai koneksi internet sebelum memulai atau bergabung di dalam panggilan video.

Pengecekan dilakukan untuk mengidentifikasi potensi masalah bandwith atau stabilitas sebuah jaringan. Jadi, pengguna bisa melakukan langkah proaktif demi meningkatkan kualitas panggilan dan menghindari gangguan.

Caranya dengan mengeklik layar ponsel Anda saat ada panggilan masuk. Nantinya, WhatsApp akan menampilkan laporan kualitas internet panggilan video Anda secara real-time.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com