Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Kini Bisa Sembunyikan Pesan dengan Kode Rahasia, Begini Caranya

Kompas.com - 01/12/2023, 08:10 WIB
Caroline Saskia,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp menerapkan peningkatan pada fitur kunci pesan atau Chat Lock. Pengguna kini bisa menyembunyikan pesan terkunci dengan kode rahasia sehingga tidak tampak di daftar chat dan hanya bisa ditemukan apabila kode itu diketik di bilah pencarian.

Kode dimaksud bisa terdiri dari gabungan huruf kecil dan huruf kapital, simbol, hingga emoji. Semakin unik kode yang dibuat, semakin sulit orang lain menebak kata sandi tersebut.

"Jadi tidak ada yang dapat secara tidak sengaja menemukan percakapan paling pribadi Anda," ujar Mark Zuckerberg, CEO Meta selaku perusahaan Induk WhatsApp, di channel WhatsApp miliknya, Jumat (01/12/2023),

Menurut keterangan di blog WhatsApp, lapisan keamanan tambahan di fitur Chat Lock berupa kode rahasia ini dimaksudkan untuk meningkatkan privasi pengguna, misalnya ketika meminjamkan ponselnya ke orang lain.

Baca juga: 50 Arti Emoji WhatsApp yang Sering Dipakai, Lengkap dengan Gambarnya

Sebab, chat di folder Locked Chats menjadi tidak tampak di dalam daftar obrolan dan hanya bisa ditemukan dengan mengetikkan kode rahasia. Pengguna pun masih bisa mempertahankan chat yang dikunci agar tetap ada di daftar obrolan apabila diinginkan.

"Kami sangat senang komunitas WhatsApp menyukai Chat Lock dan berharap kode rahasia ini bisa membuatnya lebih berguna," tulis WhatsApp. Selain itu, WhatsApp juga menghadirkan cara baru untuk mengakses “Locked Chat” di menu utama.

Sebelumnya, untuk mengunci sebuah obrolan, pengguna harus membuka menu chat yang bersangkutan terlebih dahulu. Kini, sebuah obrolan bisa dikunci dengan cara long press obrolan tersebut di daftar chat, klik menu tiga titik, dan pilih "Lock Chat". 

Cara menyembunyikan pesan terkunci dengan kode rahasia di WhatsApp

Di dalam blog resminya, WhatsApp ikut menjelaskan langkah-langkah untuk mengaktifkan Chat Lock, lalu menyembunyikan pesan terkunci dengan kode rahasia. Selengkapnya sebagai berikut.

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Pilih obrolan yang ingin dikunci, lalu tekan dan tahan (long press)
  • Ketuk ikon titik tiga dan pilih “Lock Chat”
  • Lock chat akan membutuhkan sidik jari atau memindai wajah pengguna (Face ID)
  • Jika percakapan sudah terkunci, buka folder Locked Chats
  • Klik Settings
  • Pilih “Secret Code” dan “Create Secret Code”
  • Ketik kode unik yang ingin didaftarkan
  • Pilih lanjut, lalu konfirmasi kode

Kode rahasia yang dibuat bisa berbeda-beda di tiap percakapan. Untuk menyembunyikan folder Locked Chats agar tak tampak di daftar obrolan, buka menu Settings di dalam folder Locked Chats dan aktifkan opsi "Hide Locked Chats".

Baca juga: 4 Tips Mengurangi Penyimpanan WhatsApp di HP Android, Tidak Perlu Langganan Google One

Menurut keterangan WhatsApp, fitur kode rahasia untuk menyembunyikan pesan terkunci sudah mulai digulirkan hari ini dan akan tersedia secara global dalam beberapa bulan ke depan.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, WhatsApp Android versi 2.23.24.82 belum kebagian fitur kode rahasia untuk percakapan yang dikunci. Apabila nanti sudah dapat, Anda bisa mencobanya dengan langkah-langkah di atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com