Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengganti Nada Dering WhatsApp dengan Lagu TikTok, Mudah

Kompas.com - 06/12/2023, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Cara mengganti nada dering WhatsApp dengan lagu TikTok kiranya menjadi salah satu hal yang menarik untuk dicoba pengguna.

Sebagaimana cukup umum diketahui, WhatsApp memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengganti nada dering pesan atau panggilan masuk. Di WhatsApp, ada beberapa koleksi nada dering bawaan yang bisa dipilih pengguna.

Baca juga: 10 Cara Mengetahui WhatsApp Disadap Jarak Jauh

Akan tetapi, beberapa koleksi nada dering bawaan WhatsApp itu mungkin suaranya membosankan. Jika kurang suka dengan nada dering bawaan itu, pengguna sejatinya bisa mengganti dengan file audio lain seperti lagu yang dipakai di video-video TikTok.

Penggantian nada dering WhatsApp dengan lagu TikTok itu membuat suara pemberitahuan pesan atau panggilan masuk jadi lebih menarik. Lantas, bagaimana cara mengganti nada dering WhatsApp dengan lagu TikTok?

Seandainya tertarik untuk mencoba, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengganti nada dering WhatsApp dengan lagu TikTok.

Cara mengganti nada dering WhatsApp dengan lagu TikTok

Cara mengganti nada dering WhatsApp dengan lagu TikTok itu cukup mudah. Setidaknya, terdapat dua langkah yang perlu dilakukan pengguna untuk mengganti nada dering WhatsApp dengan lagu TikTok.

Pertama, pengguna perlu download lagu TikTok terlebih dahulu. Kemudian, pengguna baru bisa mengganti nada dering WhatsApp dengan lagu TikTok yang telah diunduh itu.

Baca juga: Cara Mengganti Nada Dering WhatsApp Berbeda Tiap Kontak dengan Mudah

Adapun penjelasan yang lebih lengkap soal cara mengganti nada dering WhatsApp dengan lagu TikTok adalah sebagai berikut.

Download lagu TikTok

  • Buka aplikasi TikTok dan pilih video dengan lagu yang hendak diunduh.
  • Pada video itu, pilih opsi “Bagikan” dengan klik ikon panah ke bawah. Kemudian, pilih opsi “Salin tautan”.
  • Berikutnya, buka website untuk mengunduh lagu yang terdapat di video TikTok itu. Salah satu website itu adalah https://musicaldown.com/id/tiktok-mp3.
  • Tempelkan tautan yang tadi telah disalin ke website tersebut.
  • Setelah itu, klik opsi “Unduh” dan tunggu beberapa saat hingga file lagu TikTok berformat MP3 siap untuk diunduh.
  • Lakukan pengunduhan dan kini pengguna memiliki lagu TikTok yang tersimpan di memori penyimpanan HP.

Ganti nada dering WhatsApp dengan lagu TikTok

Setelah memiliki lagu TikTok, pengguna bisa mulai memasangnya menjadi nada dering WhatsApp. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka menu pengaturan di HP.
  • Kemudian, pilih menu pengaturan notifikasi.
  • Setelah itu, pilih pengaturan notifikasi untuk aplikasi WhatsApp.
  • Kemudian, pilih opsi pengaturan nada dering atau suara.
    Ilustrasi cara mengganti nada dering WhatsApp dengan lagu TikTok.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengganti nada dering WhatsApp dengan lagu TikTok.
  • Kemudian, pilih nada dering dari memori penyimpanan, biasanya tersimpan di File Manager.
  • Pada File Manager, pilih file lagu TikTok untuk dijadikan nada dering WhatsApp.
    Ilustrasi cara mengganti nada dering WhatsApp dengan lagu TikTok.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengganti nada dering WhatsApp dengan lagu TikTok.
  • Selesai memilih, silakan terapkan file lagu TikTok tersebut menjadi nada dering WhatsApp.
  • Kini, pengguna berhasil mengganti nada dering WA dengan lagu TikTok.

Cukup mudah bukan cara mengganti nada dering WA dengan lagu TikTok? Dengan cara ini, pengguna bisa mengganti nada dering WA dengan suara yang lebih menarik. Pengguna bisa menjadikan lagu TikTok kesukaan sebagai nada dering WhatsApp.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara mengganti nada dering WhatsApp dengan lagu TikTok. Sebagai informasi tambahan, cara tersebut sayangnya tidak dapat diaplikasikan pada WhatsApp untuk iPhone.

Cara mengganti nada dering WhatsApp dengan lagu TikTok seperti yang dijelaskan di atas hanya dapat dilakukan pada HP Android. Dalam tutorial kali ini, KompasTekno menggunakan HP berbasis Android 10 dengan antarmuka MIUI 12.5.

Baca juga: 5 Cara Mengamankan WhatsApp agar Tidak Disadap yang Perlu Diketahui

Berbeda platform Android yang digunakan bisa jadi berbeda pula langkah-langkahnya dalam mengganti nada dering WhatsApp dengan lagu TikTok.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com