Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi Tambahan, Mudah

Kompas.com - 17/12/2023, 10:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi tambahan kiranya perlu diketahui pengguna. Sebagai informasi, ada banyak situs yang diblokir atau dibatasi, sehingga pengguna tak bisa membukanya secara langsung.

Pemblokiran pada sebuah situs biasanya diberlakukan karena situs itu dinilai mengandung aktivitas berbahaya. Namun, dalam kondisi tertentu, bisa saja terdapat situs yang diblokir, tetapi tidak berbahaya.

Baca juga: 10 Macam Web Browser dan Cara Kerjanya dalam Mengakses Internet

Misalnya, situs forum online Reddit yang cukup banyak memuat konten informatif. Untuk mengakses situs seperti itu, pengguna akhirnya memerlukan sebuah cara khusus karena tidak dapat dibuka di browser secara langsung.

Salah satu cara yang umum dilakukan untuk membuka situs terblokir adalah dengan memakai aplikasi VPN (Virtual Private Netword). Di berbagai perangkat, baik desktop maupun HP (handphone). Aplikasi VPN umumnya hadir sebagai aplikasi tambahan.

Untuk diketahui, VPN merupakan layanan yang memungkinkan pengguna mengakses internet secara privasi dan anonim dengan identitas data alamat IP (Internet Protocol) dan lokasi buatan atau tidak sebagaimana aslinya.

Dengan VPN, pengguna bisa mengelabui pemblokiran pada situs dengan seolah berada di lokasi yang tidak terkena pemblokiran dan menggunakan alamat IP lain. Alhasil, pengguna bisa dengan mudah membuka situs yang diblokir.

Meski mudah dipakai, aplikasi tambahan VPN ini memiliki kekurangan, yakni penggunaannya terbatas dengan durasi tertentu jika diakses menggunakan akun gratis. Pengguna perlu berlangganan jika ingin memakai VPN secara bebas.

Selain menggunakan aplikasi tambahan VPN, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk membuka situs terblokir. Lantas, bagaimana cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi tambahan? Jika tertarik mencobanya, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi tambahan

Cara membuka web yang diblokir tanpa aplikasi tambahan itu cukup mudah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuka situs terblokir tanpa aplikasi tambahan. Misalnya, pengguna bisa memakai browser Tor.

Kemudian, pengguna juga bisa memakai situs proxy dan mengganti DNS untuk membuka situs terblokir. Adapun penjelasan beberapa cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi tambahan adalah sebagai berikut.

1. Menggunakan browser Tor

Ilustrasi cara membuka situs yang diblokir menggunakan browser Tor.torproject.org Ilustrasi cara membuka situs yang diblokir menggunakan browser Tor.

Pertama, cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi tambahan VPN adalah dengan menggunakan browser Tor.

Browser Tor memungkinkan pengguna untuk mengakses situs secara anonim. Alhasil, pengguna bisa membuka situs diblokir dan dibatasi secara geografis.

Jika ingin menggunakan browser Tor, pengguna bisa mengunduhnya dulu lewat tautan ini Cara membuka situs yang diblokir menggunakan Tor ini memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya kecepatan akses internet browser Tor lambat.

Selain itu, browser Tor biasanya tidak dapat diinstal di perangkat-perangkat publik seperti komputer sekolah atau komputer kantor.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com