Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembang Game "Marvel's Spider-Man 2" Diretas, Data Disebar di Internet

Kompas.com - 21/12/2023, 14:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Pengembang game superhero, Marvel's Spider-Man 2, Insomniac Games, menjadi korban peretasan ransomware oleh kelompok hacker bernama Rhysida pada Selasa (12/12/2023) lalu.

Akibatnya, sekitar 1,67 TB data perusahaan, yang memuat lebih dari 1,3 juta file disebar di internet.

Data tersebut mencakup bocoran video dan gambar game terbaru Insomniac Games, Marvel's Wolverine untuk konsol PlayStation 5 (PS5), data sensitif karyawan perusahaan, serta kontrak yang ditandatangani Marvel dan Sony untuk proyek game teranyarnya.

Terdapat pula rincian pengembangan game, penjualan, dan bujet pemasaran Insomniac Games, serta detail seputar permainan Insomniac Games yang belum diumumkan secara resmi.

Baca juga: Disney dan Marvel Umumkan Aneka Game Baru di D23 Expo 2022

Rhysida melakukan serangan ransomware kepada Insomniac Games. Ransomware itu sendiri merupakan jenis malicious software (malware) yang menyerang komputer korban dengan cara mengunci semua data di komputer tersebut.

Untuk mengembalikan data tersebut, biasanya korban harus mengikuti petunjuk seperti membayar uang. Hal ini berbahaya karena data pengguna bisa hilang jika mereka tidak membayar uang yang ditentukan.

Bagi developer game, data pengembangan game yang dikerjakan bisa hilang kecuali mereka memiliki backup file tersebut.

Saat itu, Rhysida mengancam Sony untuk membayarnya 50 Bitcoin atau setara 2 juta dollar AS (kira-kira Rp 31 miliar), dengan tenggat waktu pembayaran tujuh hari.

Sony kala itu mengumumkan bahwa mereka sedang menyelidiki serangan peretasan, dan mengatakan bahwa divisi Sony lainnya tidak terkena dampak peretasan.

Baca juga: Rangkuman Review Game Marvels Spider-Man 2, dari Kritik hingga Skor Sempurna

Berselang tujuh hari kemudian, jutaan file sensitif Insomniac Games disebarkan Rhysida lewat situs darknet (situs yang hanya bisa diakses dengan software khusus, bukan mesin pencari seperti Google).

Meski disebar di darknet, data-data ini sudah disebarkan pula oleh warganet lewat media sosial X (dahulu Twitter), contohnya seperti bocoran video gameplay Marvel's Wolverine yang bisa dilihat di bawah ini.

Dalam video di atas, pengguna bisa melihat menu utama game Marvel's Wolverine, yang dilengkapi opsi tutorial dan berbagai area yang bisa dikunjungi.

Di sebuah level, terlihat Logan selaku karakter utama Wolverine menelusuri sebuah bangunan dalam sudut pandang ketiga (third person) ala Marvel's Spider-Man.

Karena masih berada di tahap pengembangan, masih banyak aspek dari game yang belum rampung, seperti antarmuka (UI), dialog, musik, dubbing suara, dan lain seterusnya.

Menurut bocoran Rhysida, Marvel's Wolverine nantinya akan dibagi menjadi tiga game, yakni Wolverine pertama yang meluncur paling lambat pada 1 September 2025, Wolverine 2 pada 31 Desember 2029, dan Wolverine 3 pada 31 Desember 2033.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com