Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Serial TV yang Paling Banyak Dibajak Sepanjang 2023, "The Last of Us" Teratas

Kompas.com - Diperbarui 30/12/2023, 06:12 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Serial TV yang diadaptasi dari game konsol PlayStation buatan Naughty Dog yang memiliki judul sama, yaitu The Last of Us menjadi serial TV yang paling banyak dibajak sepanjang 2023.

Setidaknya begitu menurut laporan terbaru dari TorrentFreak, sebuah blog populer yang biasa mendiskusikan seluk beluk dunia unduh (download) dan unggah (upload) konten via teknologi atau metode torrent. 

The Last of Us bercerita tentang wabah penyakit yang berasal dari jamur Cordyceps. Jamur ini bisa menginfeksi otak manusia, dan manusia yang terkena jamur ini akan memiliki penyakit Cordyceps Brain Infection (CBI).

Adapun manusia yang memakan jamur tersebut akan berubah menjadi orang yang memiliki perilaku agresif, brutal, kebal terhadap serangan, dan bisa mengincar manusia atau makhluk hidup lainnya untuk menyebarkan penyakit CBI.

Kembali lagi ke laporan TorrentFreak tadi, dalam laporan yang merangkum daftar 10 serial TV yang ramai dibajak sepanjang 2023 ini, disebutkan bahwa The Last of Us menjadi satu-satunya serial TV keluaran HBO yang paling banyak di-download.

Baca juga: Gamer Tunanetra Tamatkan Game The Last of Us Part II

Sisanya, alias sembilan serial TV lainnya merupakan serial TV keluaran stasiun televisi atau perusahaan hiburan lain, mulai dari Disney Plus, Apple TV, Paramount Plus, hingga Amazon Prime.

 Star Wars: The MandalorianDok. Disney+ Hotstar Star Wars: The Mandalorian

Di bawah The Last of Us, ada empat serial TV Disney Plus yang melengkapi peringkat lima serial TV yang paling banyak dibajak sepanjang 2023. Keempat serial TV tersebut adalah The Mandalorian, Loki, Ahsoka, dan Secret Invasion.

TorrentFreak tak mengumbar sudah berapa banyak The Last of Us, serta serial TV lainnya diunduh alias dibajak para pengguna di internet.

Namun yang jelas, data ini diklaim diambil dari trafik platform BitTorent sepanjang 2023 dari berbagai sumber atau database, termasuk dari platform pencatat download konten torrent di internet I Know.

Baca juga: 5 Film dan Serial tentang AI, Ada Blade Runner dan The Matrix

Jika ditelusuri lebih lanjut, daftar 10 serial TV yang paling banyak dibajak sepanjang 2023 ini tak menampilkan serial TV besutan Netflix sama sekali.

TorrentFreak menyebut bahwa hal ini disebabkan karena mayoritas pelanggan Netflix rajin berlangganan, sehingga mereka tak perlu membajak atau mengunduh serial TV favorit mereka dari internet.

Lantas, serial TV apa saja yang ramai dibajak di 2023? Daftarnya bisa dilihat dalam informasi berikut ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TorrentFreak, Jumat (29/12/2023).

  1. The Last of Us (2023) - HBO
  2. The Mandalorian (2019) - Disney Plus
  3. Loki (2021) - Disney Plus
  4. Ahsoka (2023) - Disney Plus
  5. Secret Invasion (2023) - DisneyPlus
  6. Silo (2023) - Apple TV
  7. Monarch: Legacy of Monsters (2023) - Apple TV
  8. Tulsa King (2022) - Paramount Plus
  9. GenV (2023) - Amazon Prime
  10. Ted Lasso (2020) - Apple TV

Baca juga: Daftar Serial dan Film Terpopuler di Netflix Tahun Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com