Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Aplikasi Travelling untuk Menunjang Kebutuhan Liburan Akhir Tahun

Kompas.com - 30/12/2023, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Libur Natal dan Tahun Baru seperti saat ini, yang memiliki durasi cukup panjang, rasanya bakal cukup menyenangkan bila dihabiskan dengan pergi ke luar kota dan mengunjungi tempat-tempat wisata.

Seandainya hendak pergi liburan akhir tahun, pengguna tentunya perlu menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Salah satunya yang cukup penting adalah aplikasi travelling atau aplikasi yang dapat menunjang kebutuhan perjalanan.

Baca juga: 10 Aplikasi Booking Hotel buat Akomodasi Liburan Akhir Tahun

Lantas, apa saja aplikasi travelling yang diperlukan untuk menunjang kebutuhan liburan akhir tahun? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak daftar aplikasi travelling yang bisa dipakai di bawah ini.

Daftar aplikasi travelling

Ada beberapa aplikasi travelling yang dapat digunakan untuk menunjang kebutuhan liburan akhir tahun. Misalnya, aplikasi destinasi wisata yang dapat memberikan referensi tempat-tempat berlibur.

Selanjutnya, ada aplikasi peta dan navigasi untuk membantu pengguna mendapatkan informasi arah menuju lokasi wisata dan kondisi lalu lintasnya. Adapun penjelasan yang lebih lengkap mengenai beberapa aplikasi travelling buat liburan akhir tahun adalah sebagai berikut.

1. Aplikasi destinasi wisata

Ilustrasi website Indonesia.travel untuk cek destinasi wisata Indonesia.Indonesai.travel Ilustrasi website Indonesia.travel untuk cek destinasi wisata Indonesia.

Aplikasi travelling pertama yang bisa digunakan adalah aplikasi destinasi wisata. Aplikasi ini contohnya seperti layanan pada website “Indonesia.travel” yang beralamatkan di https://www.indonesia.travel.

Untuk diketahui, Indonesia.travel merupakan website destinasi wisata yang dikelola oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Di website tersebut, tersedia daftar destinasi wisata yang terdapat di berbagai wilayah, seperti Yogyakarta, Bali, dan Jayapura.

Selain lewat website “Indonesia.travel”, pengguna yang hendak berwisata saat libur Natal dan Tahun Baru juga bisa menggunakan aplikasi media sosial seperti TikTok. Di aplikasi TikTok, pengguna dapat melihat beragam konten rekomendasi destinasi wisata.

2. Aplikasi peta dan navigasi

Ilustrasi aplikasi Google Maps.Google Ilustrasi aplikasi Google Maps.

Kedua, aplikasi untuk travelling yang tak kalah penting adalah aplikasi peta dan navigasi, seperti Google Maps atau Waze. Aplikasi peta dan navigasi berguna untuk membantu pengguna mendapatkan arah menuju lokasi wisata.

Selain itu, aplikasi Google Maps atau Waze juga dapat memberikan informasi kondisi lalu lintas yang terjadi di berbagai jalan. Dengan informasi kemacetan ini, pengguna bisa memutuskan untuk melalui jalan alternatif atau jalan yang relatif tidak macet.

Baca juga: 5 Aplikasi untuk Cek Kemacetan Lalu Lintas saat Liburan Akhir Tahun

3. Aplikasi booking hotel

Ilustrasi aplikasi pesan hotel AgodaApp Store Ilustrasi aplikasi pesan hotel Agoda

Aplikasi traveling yang berikutnya adalah aplikasi booking hotel. Selama libur Natal dan Tahun Baru, hotel atau penginapan biasanya bakal penuh, terutama hotel-hotel yang berada di tempat wisata.

Untuk menunjang akomodasi penginapan selama liburan akhir tahun, pengguna bisa memakai beberapa aplikasi booking hotel, seperti Agoda, AirBNB, RedDoorz, Tripadvisor, dan masih banyak lagi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com