Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Itel P55 Plus Meluncur, Dibekali Fast Charging 45 Watt dan Layar 90 Hz

Kompas.com - 02/01/2024, 09:01 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Setelah sempat dilaporkan muncul dalam database Google Play Console pada November tahun lalu, ponsel Itel P55 Plus belakangan dilaporkan telah resmi meluncur.

Ponsel yang merupakan model terbaru dari lini P series ini mengunggulkan sejumlah fitur seperti fast charging 45 watt dan layar dengan refresh rate 90 Hz. Beberapa spesifikasi lain juga berbeda dari P55 5G yang hadir di Indonesia pada Desember.

Itel P55 Plus hadir dalam varian warna Galaxy Blue, Royal Green, dan Meteor Purple. Dua lensa kamera belakangnya tersemat dalam dua buah modul lingkaran berukuran besar yang disusun secara vertikal, ditemani lampu LED flash di sisi kanan.

Baca juga: Itel P55 Resmi di Indonesia, HP 5G Harga Rp 1 Jutaan

Tidak ada tulisan "5G" di sebelah kamera karena Itel P55 Plus hanya mendukung konektivitas 4G. "Otaknya" pun berbeda dari Itel P55 5G yang dibekali MediaTek Dimensity 6080. Itel P55 Plus menggunakan Unisoc T606

System-on-Chip (SoC) itu dipadukan dengan RAM 4 GB/8 GB dan media penyimpanan (storage) 128 GB/256 GB, sehingga mengalami peningkatan dibanding P55 5G dengan RAM 6 GB dan storage 128 GB.

Daya fast charging Itel P55 Plus meningkat jauh dari P55 5G yang hanya 18 watt. Adapun kapasitas baterai Itel P55 Plus adalah 5.000 mAh. Pengguna bisa menggunakan tiga mode pengisian daya, yakni 45W Hyper Charge, Low-Temp Charge, dan Smart Charge.

Mode 45W Hyper Charge mengisi daya dengan kecepatan "ngebut", sedangkan Low-Temp Charge berfungsi menjaga temperatur ponsel di bawah 35 derajat Celsius saat diisi dayanya. Adapun Smart Charge menyeimbangkan kecepatan pengisian daya dan suhu ponsel.

Itel P55 PlusGizmoChina Itel P55 Plus
Itel P55 Plus dilengkapi kamera utama 50 MP dan kamera "AI lens". Sementara itu, kamera selfie memiliki resolusi 8 MP.

Punch hole yang memuat kamera depan ikut mendukung fitur Dynamic Bar yang mirip seperti Dynamic Island di iPhone. Dynamic Bar bisa berubah bentuk untuk menampilkan sejumlah informasi, seperti status baterai, panggilan masuk, hingga melakukan face unlock.

Itel P55 Plus mengusung layar IPS LCD 6,6 inci dengan resolusi HD Plus (720 x 1.612 piksel), rasio layar ke bodi 90 persen, dan refresh rate 90 Hz.  Sistem operasi (OS) yang dijalankan adalah Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) khas Itel.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Itel A70 di Indonesia, HP Android Mirip iPhone 14 Pro Max

Spesifikasi Itel P55 Plus lainnya mencakup konektivitas 4G VoLTE, dual SIM, Wi-Fi, Bluetooth, GPS, microSD, port USB-C, audio jack 3,4 mm, dan face unlock. Itel P55 Plus juga mendukung fitur fotografi seperti AI Clear Portrait, Panorama Mode, dan Super Night Mode.

Harga Itel P55 Plus belum diketahui, tapi diperkirakan akan menyentuh angka 140 dollar AS atau Rp 2,1 juta, sebagaimana dikutip KompasTekno dari GizmoChina, Selasa (2/1/2024). Sebagai perbandingan, Itel P55 5G dijual di Indonesia dengan banderol harga Rp 1,7 juta.

Belum jelas apakah Itel P55 Plus akan ikut dipasarkan di Indonesia menyusul kehadiran Intel P55 5G atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com