Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Langkah Membersihkan Kabel Charger HP yang Kusam dan Kotor

Kompas.com - 26/08/2023, 12:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Penggunaan kabel cas hampir setiap hari tentu akan berdampak pada kebersihan kabel. Kabel yang semula putih menjadi kusam dan kotor. Hal ini tentu wajar karena debu dan berbagai kotoran setiap hari yang menempel di kabel.

Kabel yang semakin kusam dan kotor tentu akan mengurangi estetika dan tidak menarik. Selain itu apabila pengguna ingin menjual ponselnya kembali, kabel charger yang juga dalam satu set tentu menjadi tidak menarik lagi dijual.

Maka dari itu Anda dapat membersihkan kabel charger agar menjadi bersih dan putih kembali. Berikut ini langkah-langkah membersihkan kabel cas HP.

Baca juga: 3 Tips Merawat Kabel Charger iPhone agar Lebih Awet

Langkah pertama

Siapkan alat dan bahan untuk membersihkan kabel cas, seperti kain mikrofiber kering, larutan sabun atau soda kue, dan air hangat.

Langkah kedua

Gunakan kain lembut untuk membersihkan kabel. Gosok dengan lembut sepanjang kabel pengisi daya. Ini dilakukan untuk menghilangkan debu atau kotoran yang bisa dibersihkan di permukaaan kabel. Melakukan langkah ini akan membantu mencegah debu atau kotoran masuk lagi saat kita membersihkannya.

Langkah ketiga

Ambil kain mikrofiber dan basahi dengan larutan sabun yang lembut, salah satunya menggunakan sabun cuci piring. Kemudian, gosok kain itu dengan lembut di sepanjang kabel pengisi daya.

Saat membersihkannya tekan kainnya dengan lembut untuk menghilangkan noda atau kotoran yang menempel di sepanjang kabel. Namun perlu diperhatikam jangan sampai kabel terlalu basah atau terendam dalam air. Ini bisa membuat bagian dalam kabel rusak. Pastikan juga Anda tidak membiarkan air menyentuh bagian kepala dan pin kabelnya.

Selain menggunakan larutan sabun, pengguna bisa menggunakan soda kue untuk menghilangkan noda. Buat pasta dari soda kue dan air, dan oleskan ke seluruh kabel dengan hati-hati

Selanjutanya biarkan pasta mengering dan bersihkan bekas pasta tersebut dengan kain mikrofiber yang sudah direndam dengan kain hangat.

Langkah keempat

Setelah dibersihkan, gunakan bagian kain mikrofiber yang kering untuk menghilangkan kelembapan dari kabel. Pastikan kabel benar-benar kering sebelum menyambungkannya kembali ke sumber listrik.

Kelembaban dapat menyebabkan korsleting atau masalah kelistrikan lainnya. Anda bisa menggunakan kain mikrofiber kering atau mengangin-anginkan kabel di ruangan terbuka.

Baca juga: Mengenal Jenis Kabel Charger iPhone dari Masa ke Masa

Demikian cara membersihkan kabel cas HP yang kotor dan kusam. Untuk merawat kabel cas HP lebih awet, Anda bisa menyimak tips-tipsnya di artikel "Cara Merawat Kabel Charger HP Supaya Awet." 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com