Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tips untuk Menghemat Kuota Data di Ponsel Android

Kompas.com - Diperbarui 14/11/2023, 09:48 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Ketersediaan kuota data internet adalah hal penting untuk pengguna smartphone. Penggunaannya pun mesti diperhatikan agar jangan sampai habis, apalagi jika berlangganan paket yang kuotanya tak terlalu besar.

Disadari atau tidak, ada sejumlah hal yang berpotensi memboroskan pemakaian kuota data di ponsel Android, baik berupa setting di perangkat ataupun kebiasaan pengguna.

Anda pun bisa mengirit kuota internet dengan menerapkan sejumlah trik yang dihimpun KompasTekno dari Gizchina, sebagai berikut.

Cara menghemat kuota data internet di ponsel Android

1. Pantau konsumsi data Anda

Aplikasi dari operator seluler menyediakan counter kuota data yang tersisa sehingga Anda dapat mengantisipasi atau merencanakan penggunaannya supaya tidak kehabisanKOMPAS.com/ OIK YUSUF Aplikasi dari operator seluler menyediakan counter kuota data yang tersisa sehingga Anda dapat mengantisipasi atau merencanakan penggunaannya supaya tidak kehabisan
Hal yang satu ini bisa dibilang jelas mesti dilakukan, namun terkadang luput dari perhatian. Akibatnya kuota bisa habis tanpa disadari.

Pemantauan akan menginformasikan berapa jumlah kuota yang tersisa sehingga pengguna bisa mengatur strategi, apakah masih bisa dipakai seperti biasa atau haris mulai mengirit.

Baca juga: 5 Cara Cek Kuota Indosat dengan Mudah, Bisa via Kode UMB dan Aplikasi

Cara termudah untuk memantau kuota yang tersisa adalah dengan menggunakan aplikasi dari masing-masing operator seluler yang bisa diunduh dari Google Play Store, yakni My Telkomsel, MyXL, dan MyIM3.

2. Jangan download aplikasi atau file dengan koneksi seluler

Jika perlu mengunduh data dari internet, terutama yang berukuran besar seperti video atau installer game, termasuk dari toko aplikasi, sebaiknya hanya lakukan saat perangkat terkoneksi ke Wi-Fi.

Sebabnya sudah pasti karena proses pengunduhan akan secara langsung mengurangi kuota data apabila dilakukan lewat koneksi seluler. Proses download pun berisiko berhenti mendadak apabila kuota habis di tengah jalan.

3. Download konten dari layanan streaming saat ada Wi-Fi

Layanan streaming seperti YouTube menyediakan opsi download konten untuk diakses di kemudian waktu tanpa butuh koneksi internet.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Layanan streaming seperti YouTube menyediakan opsi download konten untuk diakses di kemudian waktu tanpa butuh koneksi internet.
Layanan-layanan streaming konten seperti Netlix untuk video dan Spotify untuk audio biasanya menawarkan opsi download agar pengguna bisa tetap menonton film atau mendengarkan lagu saat sedang tidak ada koneksi internet, misalnya di pesawat terbang.

Baca juga: Cara Download Film Netflix buat Teman Perjalanan Mudik Lebaran 2023

Fitur ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengirit pemakaian kuota data internet. Unduhlah konten saat sedang ada koneksi Wi-Fi, seperti di rumah atau kantor. Selanjutnya, Anda pun bisa menikmatinya tanpa perlu akses internet.

Baca juga: Cara Download Video dari YouTube Gratis dan Legal

4. Atur kualitas streaming agar lebih hemat data

Layanan streaming seperti YouTube juga menyediakan pengaturan kualitas untuk mengatur konsumsi data. Ada juga fitur data saver yang menghemat pemakaian kuota tapi menurunkan kualitas konten.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Layanan streaming seperti YouTube juga menyediakan pengaturan kualitas untuk mengatur konsumsi data. Ada juga fitur data saver yang menghemat pemakaian kuota tapi menurunkan kualitas konten.
Bagaimana jika tak sempat mengunduh konten layanan streaming via Wi-Fi? Tenang, Anda masih bisa mengirit pemakaian kuota data seluler dengan cara mengatur kualitas konten streaming.

Para penyedia layanan streaming -termasuk juga YouTube- menyediakan opsi ini di menu pengaturan. Anda tinggal memilih opsi yang kualitasnya tak terlalu tinggi.

Semakin rendah setting kualitasnya, maka pemakaian daya makin kecil tapi kualitas gambar atau suara jadi makin buruk. Carilah setting yang imbang antara kualitas dan konsumsi data.


5. Atur update aplikasi agar hanya lewat Wi-Fi

Google Play Store dapat diatur agar hanya melakukan update aplikasi saat perangkat terhubung ke Wi-FiKOMPAS.com/ OIK YUSUF Google Play Store dapat diatur agar hanya melakukan update aplikasi saat perangkat terhubung ke Wi-Fi
Toko aplikasi Google Play Store menyediakan pilihan untuk melakukan update aplikasi secara otomatis. Sebaiknya fitur ini dihidupkan agar aplikasi-aplikasi di perangkat Anda selalu diperbarui tanpa perlu repot melakukannya secara manual.

Baca juga: Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel di Play Store saat Download Aplikasi

Untuk menghemat kuota, aturlah agar Play Store hanya melakukan update saat perangkat terkoneksi ke Wi-Fi. Dengan demikian, paket internet seluler Anda pun aman dari unduhan update aplikasi yang bisa berukuran besar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com