Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi: Gen-Z Suka Merek HP yang Fokus buat Anak Muda

Kompas.com - 06/01/2024, 10:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Techarc

KOMPAS.com - Generasi Z alias gen-Z ternyata suka merek smartphone atau handphone (HP) yang fokus pada segmentasi anak muda. Klaim ini didasarkan pada studi baru yang dilakukan firma riset teknologi, Techarc.

Menurut studi Techarc, 60 persen gen-Z dalam studi ini memilih merek yang fokus pada anak muda sebagai pertimbangan dalam memilih smartphone. Sementara 40 persen lainnya memilih faktor produk.

Nah, ketika memilih merek, gen-Z mempertimbangkan sejumlah faktor seperti faktor visibilitas merek, tingkat kepuasan, layanan, ketersediaan produk hingga reputasi influencer dan ulasan dari reviewer atau bloger yang mengulas merek terkait.

Sementara ketika memilih produk, gen-Z mempertimbangkan spesifikasinya, harga dan desain sebagai faktor penentu keputusan.

Baca juga: Riset: Gen Z Rela Bergaji Kecil asal Bisa WFA dan Sehat Mental

Studi yang sama juga menyebutkan bahwa gen-Z lebih suka menjadi bagian dari komunitas yang didedikasikan untuk merek tertentu. Khususnya merek ponsel yang fokus pada anak muda, baik lewat desain produknya, fitur maupun pengalaman yang ditawarkan.

"Kalangan muda ingin dilihat sebagai bagian dari komunitas yang mengekspresikan diri hingga gaya hidup," kata Faisal Kawoosa, Kepala Analisis dan pendiri Techarc, dikutip KompasTekno dari situs resmi Techarc, Sabtu (6/1/2024).

"Sebuah merek memberi mereka predikat, terkait dengan pengalaman yang mungkin mereka dapatkan, sejalan dengan kepribadian mereka dan eksklusivitas merek tersebut mewakili generasi muda," imbuhnya.

Sebesar 69 persen gen-Z juga menyebutkan bahwa dengan memilih merek pilihannya, mereka menjadi bagian dari komunitas eksklusif yang mengidentifikasikan diri mereka sebagai anak muda.

Baca juga: Ponsel Lipat Jadul Lagi Tren di Kalangan Gen-Z di Amerika

Temuan lainnya yaitu 73 persen responden menganggap bahwa tidak semua merek mencerminkan kepribadian mereka. Walaupun, sejumlah produk dari aneka vendor ponsel terbilang identik.

10 merek ponsel pilihan gen-Z

Dari sejumlah faktor yang dipertimbangkan gen-Z dalam memilih merek dan produk seperti dijabarkan di atas, Techarc merangkum 10 merek yang paling relevan. Daftar ini didasarkan pada skor yang diberikan gen-Z pada masing-masing merek, dengan skor maksimal 5 poin.

Berikut 10 merek smarthone yang paling relevan dengan pilihan gen-Z berdasarkan riset Techarc.

  1. Poco - 4,10 poin
  2. Oppo - 3,92 poin
  3. OnePlus - 3,82 poin
  4. Samsung - 3,62 poin
  5. Apple - 3,52 poin
  6. Vivo - 3,48 poin
  7. Realme - 3,46 poin
  8. iQoo - 3,28 poin
  9. Asus ROG - 3,16 poin
  10. Nothing - 1,96 poin

Untuk diketahui, riset ini melibatkan opini 1.500 gen-Z berusia antara 18-25 tahun di India. Techarc juga menganalisis sekitar 200.000 ulasan bermacam model smartphone dari 15 merek, di platform belanja kenamaan di India, seperti Amazon dan Flipkart.

Kendati riset itu dilakukan di India, wawasannya boleh jadi menjadi gambaran di Indonesia, mengingat keduanya sama-sama punya populasi yang besar.

Selain itu, karakteristik konsumen India cenderung mirip seperti di Indonesia dengan mengutamakan harga sebagai faktor pertimbangan membeli smartphone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com