Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hands-on Poco C65 Versi Indonesia, HP Rp 1 Jutaan Layar 90 Hz

Kompas.com - 04/01/2024, 15:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Poco resmi membawa ponsel kelas bawah (entry-level) barunya yang bernama Poco C65 ke Tanah Air, Kamis (4/1/2024). Ponsel tersebut diperkenalkan dalam sebuah acara yang diselenggarakan langsung di Jakarta Selatan.

Dalam acara tersebut, KompasTekno berkesempatan menjajal Poco C65 secara langsung. Varian warna yang dihadirkan ke Indonesia terdiri dari dua, yakni hitam dan ungu.

Kedua warna tadi sama-sama memiliki aksen glitter dan sedikit mengilap ketika terpantul cahaya matahari atau lampu di dalam ruangan.

Baca juga: Poco C65 Resmi Masuk Indonesia, Harga Mulai Rp 1,4 Jutaan

Punggung Poco C65 juga menggunakan bahan plastik yang kesat sehingga bebas noda sidik jari (fingerprint).

Desain punggung dari Poco C65 varian warna ungu. Bagian punggung dibuat dengan bahan plastik yang memiliki aksen glitter, teksturnya juga kesat sehingga bebas dari noda sidik jari (fingerprint)KOMPAS.com/Caroline Saskia. Desain punggung dari Poco C65 varian warna ungu. Bagian punggung dibuat dengan bahan plastik yang memiliki aksen glitter, teksturnya juga kesat sehingga bebas dari noda sidik jari (fingerprint)

Saat pertama kali digenggam, ponsel ini bisa dikatakan ringan, mengingat bobot badannya “hanya” 192 gram. Kendati begitu, Poco C65 punya bodi yang cukup lebar dan tebal sehingga agak kurang nyaman bila digenggam menggunakan satu telapak tangan.

Pengguna yang memiliki telapak tangan tidak begitu besar dan lebar akan sedikit kesulitan untuk mengakses keseluruhan layar menggunakan satu telapak tangan. Di atas kertas, Poco C65 berukuran 168 mm (panjang), 78 mm (lebar), dan ketebalannya 8,09 mm.

Poco C65 datang dua kamera belakang yang disematkan secara vertikal tanpa penampang. Konfigurasi kameranya masing-masing adalah kamera utama 50 MP (f/1.8) dan kamera makro 2 MP (f/2.4).KOMPAS.com/Caroline Saskia. Poco C65 datang dua kamera belakang yang disematkan secara vertikal tanpa penampang. Konfigurasi kameranya masing-masing adalah kamera utama 50 MP (f/1.8) dan kamera makro 2 MP (f/2.4).

Beralih ke bagian punggung, kamera Poco C65 dibekali dua kamera yang diposisikan vertikal. Dua “cincin” kamera tersebut dijadikan sebagai rumah untuk menyematkan kamera utama 50 MP yang mengandalkan teknogi AI dan kamera makro 2 MP.

Kedua cincin disematkan langsung ke punggung ponsel tanpa bilah penampang. Kedua kamera juga ditemani lampu kilat LED. Di ujung kanan terdapat merk “Poco” yang ditulis secara vertikal juga.

Untuk tampilan layar, Poco C65 mampu menampilkan kontras dan warna yang cukup baik. Ketika diakses tepat di bawah lampu atau cahaya matahari, layar masih dapat menampilkan kecerahan layar yang nyaman dilihat mata.

Pengalaman menggulir layar

Layar Poco C65 yang datang dengan panel LCD 6,76 inci. Layar ponsel itu punya refresh rate 90Hz. Pengalaman menggulir layarnya cukup mulus, kecepatan/perpindahannya cukup konsisten, dan tidak memiliki jeda (lag).KOMPAS.com/Caroline Saskia. Layar Poco C65 yang datang dengan panel LCD 6,76 inci. Layar ponsel itu punya refresh rate 90Hz. Pengalaman menggulir layarnya cukup mulus, kecepatan/perpindahannya cukup konsisten, dan tidak memiliki jeda (lag).

Poco C65 sendiri memiliki layar berpanel LCD berukuran 6,76 inci. Resolusi yang ditawarkan adalah Full HD Plus (1.600 x 720 piksel), refresh rate 90 Hz, dengan tingkat kecerahan 600 nits.

Layar perangkat itu juga sudah mengantongi sertifikasi TÜV disertai Blue Light Filter dan bebas flickr. Layar turut dihiasi poni waterdrop untuk menyimpan kamera depan 8 MP.

Dari pengalaman KompasTekno menjajal layar Poco C65, hasilnya bisa dibilang mulus. Ketika beralih satu aplikasi ke aplikasi lain, menggeser layar ke kanan dan kiri, mengakses menu, dan sebagainya, kecepatan/perpindahannya cukup konsisten. Tidak mengalami jeda atau lag.

Baca juga: Poco C65 Resmi dengan Chip Helio G85 dan Kamera 50 MP

Menurut Product Marketing Manager Poco Indonesia, kemampuan menggulir layar yang mulus itu menjadi salah satu peningkatan yang dihadirkan Poco C65. Sebab, tingkat refresh rate HP sudah ditingkatkan dari generasi sebelumnya.

“Kini refresh rate tidak hanya 60 Hz saja seperti di Poco C40, tapi sudah 90 Hz. Ditambah, layar Poco C65 sudah mengantongi sertifikasi TÜV, disertai Blue Light Filter dan bebas flickr," ujar Jeksen, Kamis (4/1/2024).

Bagian kanan bodi terdapat dua tombol yang masing-masing berfungsi sebagai tombol daya (bawah) dan pengatur volume (atas).KOMPAS.com/Caroline Saskia. Bagian kanan bodi terdapat dua tombol yang masing-masing berfungsi sebagai tombol daya (bawah) dan pengatur volume (atas).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com