Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kebiasaan yang Dapat Merusak HP, Penting untuk Dihindari

Kompas.com - 08/01/2024, 15:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - HP (handphone) merupakan salah satu perangkat yang bisa dibilang cukup penting bagi pengguna sekarang. Beberapa aktivitas seperti berkomunikasi, menyimpan data, dan lainnya, bergantung dengan kelancaran fungsi HP.

Oleh karena itu, pengguna kiranya perlu menjaga HP dari kerusakan supaya tetap berfungsi dengan baik dalam kurun waktu yang lama. Untuk menjaga HP, terdapat beberapa kebiasaan yang penting untuk dihindari.

Baca juga: 8 Cara Cas HP yang Benar Supaya Baterai Awet

Lantas, hal apa saja yang dapat merusak HP? Sebagai bahan kewaspadaan, artikel ini bakal menjelaskan mengenai beberapa hal yang dapat merusak HP. Untuk lebih lengkapnya, simak terus penjelasan di bawah ini.

Kebiasaan yang dapat merusak HP

Ada beberapa kebiasaan yang dapat merusak HP, bagi dari segi komponen perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Salah satunya seperti kebiasaan sering menjatuhkan HP. Kebiasaan ini dapat merusak komponen HP akibat benturan.

Kemudian, terdapat pula kebiasaan jarang memperbarui atau update perangkat lunak yang bisa berpotensi meningkatkan serangan keamanan di HP. Kebiasaan-kebiasaan semacam itu perlu dihindari supaya HP dapat berfungsi dengan baik.

Adapun beberapa hal yang dapat merusak HP dengan cepat dan penting untuk dihindari adalah sebagai berikut.

1. Sering menjatuhkan HP

HP sebaiknya dibawa dengan baik. Sebagaimana sempat disinggung di atas, sering menjatuhkan HP dapat menyebabkan kerusakan fisik pada beberapa komponen HP, seperti layar, tombol, dan komponen internal lainnya.

2. Menggunakan charger yang tidak asli

Kedua, hal yang dapat merusak HP adalah menggunakan charger yang tidak asli alias charger KW. Perlu diketahui, charger KW tidak dapat dipastikan apakah sesuai atau tidak dengan tegangan pada baterai HP.

Dengan demikian, charger KW dapat berpotensi mengurangi masa pakai baterai HP dengan cepat. Dalam mengisi daya, sebaiknya pengguna memakai charger asli yang sudah dipastikan kesesuaian tegangannya dengan baterai HP.

3. Kurang waspada pada paparan cairan dan debu

Kebiasaan berikutnya adalah kurang waspada pada paparan cairan dan debu. Untuk diketahui, cairan dan debu yang masuk atau terpapar di HP dapat mempengaruhi kinerja, bahkan dapat merusak komponennya.

4. Sering menduduki HP

Sering menduduki HP juga merupakan salah satu kebiasaan yang dapat merusaknya. Tekanan pada saat duduk di atas HP dapat menyebabkan beberapa komponennya rusak. Saat diduduki, layar HP dapat dengan mudah retak.

Baca juga: Apakah Boleh Membersihkan iPhone dengan Disinfektan? Begini Kata Apple

5. Membiarkan HP terlalu panas

Kebiasaan yang dapat merusak HP berikutnya adalah memainkan HP terus menerus, sehingga suhunya meningkat tajam jadi sangat panas. Suhu panas berlebih dapat membuat masa pakai baterai tak bertahan lama.

6. Mengabaikan suhu lingkungan

Tiap HP dirancang untuk dapat beroperasi secara optimal pada rentang suhu tertentu. Menyimpan atau menggunakan HP dalam suhu ekstrem, yang tidak sesuai anjuran, dapat merusak baterai dan komponen internal lainnya.

7. Sering membiarkan baterai HP kosong

Ketujuh, kebiasaan yang dapat merusak HP adalah sering membiarkan baterai HP kosong 0 persen. Kebiasaan ini dapat mengurangi kemampuan baterai dalam menyimpan daya. Jika dibiarkan, baterai bisa kehilangan kemampuan menyimpan daya.

8. Menaruh HP sembarangan

Kebiasaan yang dapat merusak HP selanjutnya adalah menaruh HP sembarangan. Saat dibawa pergi, HP seringkali disimpan dalam saku yang mungkin berbarengan dengan kunci, koin, atau logam tajam lainnya.

Kebiasaan menyimpan HP dalam saku bersama kunci atau koin semacam itu dapat merusak HP. Pasalnya, benda-benda tajam tersebut dapat menimbulkan goresan-goresan pada layar HP.

9. Jarang update perangkat lunak

Jarang update perangkat lunak atau sistem operasi dapat membuat HP rentan terkena serangan siber. Pembaruan perangkat lunak umumnya membawa tambalan pada celah keamanan yang dapat melindungi pengguna.

10. Mengunduh aplikasi dari sumber tidak terpercaya

Kesepuluh, hal yang dapat merusak HP adalah mengunduh aplikasi dari sumber tidak terpercaya. Aplikasi tersebut tidak bisa dipastikan keamanannya dan seringkali membawa malware yang dapat mengganggu kinerja HP, bahkan mencuri data pribadi pengguna di HP.

Baca juga: Apakah Benar Cas HP Tak Boleh Lebih dari 80 Persen? Begini Penjelasannya

Itulah beberapa kebiasaan yang dapat merusak HP dan penting untuk dihindari. Dengan mengetahui kebiasaan-kebiasaan itu, pengguna dapat lebih waspada dan dapat menghindarinya supaya HP dapat berfungsi secara optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com