Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unboxing dan Hands-on Galaxy A15 5G, Banyak Upgrade dari Sebelumnya

Kompas.com - 16/01/2024, 18:06 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Samsung mengawali 2024 dengan memperkenalkan sejumlah ponsel baru di Indonesia, termasuk seri Galaxy A15 yang terdiri dari versi 4G dan 5G.

Keduanya sebenarnya memiliki spesifikasi yang mirip, tapi terdapat sejumlah perbedaan seperti dari sisi System-on-Chip, di mana Galaxy A15 5G menggunakan MediaTek Dimensity 6100 Plus yang lebih baru dari Helio G99 di Galaxy A15 4G.

Desain Galaxy A15 versi 4G dan 5G pun identik sehingga salah satu model bisa mewakili yang lainnya dalam hal ini.

Baca juga: Samsung Galaxy A15 4G dan A15 5G Meluncur dengan Kamera 50 MP

Dibandingkan Galaxy A14 5G sebelumnya, Galaxy A15 5G menawarkan sejumlah upgrade seperti dari sisi dapur pacu yang digunakan (sebelumnya Dimensity 700 di A14). Kamera, RAM, hingga kemampuan fast charging pun ikut ditingkatkan.

Kotak tipis, aksesori minimalis

Seperti ponsel-ponsel Samsung lainnya belakangan ini, Galaxy A15 5G datang dalam kotak kemasan yang ukurannya relatif tipis karena di dalamnya tidak lagi terdapat pengisi daya alias charger.

Rangkaian aksesori di kotak kemasan Samsung Galaxy A15 5G. Hanya terdapat kabel USB C ke USB C, booklet panduan singkat dan garansi, serta SIM card ejector toolKOMPAS.com/ OIK YUSUF Rangkaian aksesori di kotak kemasan Samsung Galaxy A15 5G. Hanya terdapat kabel USB C ke USB C, booklet panduan singkat dan garansi, serta SIM card ejector tool
Untungnya, untuk pembelian Galaxy A15 5G di Indonesia, Samsung memaketkan bonus travel adapter dengan keluaran daya 25 watt secara cuma-cuma.

Selain itu, seperti yang bisa dilihat di situsnya, Samsung turut memberikan perlindungan terhadap layar retak (cracked screen) selama 6 bulan.

Di dalam kemasan Galaxy A15 5G sendiri hanya terdapat kelengkapan aksesori yang terbilang minimalis.

Selain unit ponselnya sendiri, ada sebuah kabel USB C ke USB C, dua booklet panduan singkat dan garansi, serta SIM card ejector tool.

Desain baru Samsung untuk 2024

Samsung Galaxy A15 5G varian warna biruKOMPAS.com/ OIK YUSUF Samsung Galaxy A15 5G varian warna biru

Galaxy A15 5G mengadopsi desain baru Samsung untuk ponsel-ponselnya di 2024. Secara umum sebenarnya rancangan smartphone ini masih sama dengan para pendahulunya, dengan kamera belakang yang disusun vertikal dan tertanam langsung di bodi.

Namun, bagian kanan frame yang memuat dua tombol volume dan tombol daya (merangkap pemindai sidik jari side mounted) kini tampak lebih menonjol dibandingkan bagian frame selebihnya sehingga sedikit lebih mudah terasa ketika diraba dengan jari.

Bagian frame Galaxy A15 5G sendiri berbentuk flat alias rata, sesuai tren yang kembali mengemuka belakangan ini di industri smartphone.

Sisi perangkat yang memuat tombol volume dan tombol daya (merangkap pemindai sidik jari) kini lebih tinggi dibandingkan bagian frame selebihnnya. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Sisi perangkat yang memuat tombol volume dan tombol daya (merangkap pemindai sidik jari) kini lebih tinggi dibandingkan bagian frame selebihnnya.

Layar perangkat ini menggunakan panel Super AMOLED 6,5 inci (FHD+) dengan refresh rate 90 Hz. Saat dilihat di bawah sinar matahari langsung dan tingkat kecerahan diatur ke setelan maksimal, tampilan layar masih tampak jelas.

Baca juga: Samsung Pamer Stik Replay Wireless Controller, Mirip Xbox tapi Tombol Lebih Banyak

Punggung Galaxy A15 5G yang terbuat dari plastik memiliki finishing matte yang sekilas terkesan metalik atau mirip frosted glass. Dalam genggaman terasa kesat dan tidak licin, tapi agak mudah ternoda sidik jari.

Layar Super AMOLED 6,5 inci Galaxy A15 5G masih terlihat jelas di kondisi outdoor saat siang hariKOMPAS.com/ OIK YUSUF Layar Super AMOLED 6,5 inci Galaxy A15 5G masih terlihat jelas di kondisi outdoor saat siang hari

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com