Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Definisi Motherboard dalam Komputer, Fungsi, dan Jenisnya

Kompas.com - 28/01/2024, 09:04 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Komputer terdiri banyak komponen utama dan pendukung di dalamnya. Setiap komponen memiliki fungsiya masing-masing. Salah satunya Motherboard dalam komputer. Fungsi utamanya dalah memfasilitasi komunikasi antara berbagai komponen listrik dalam perangkat tersebut.

Komponen ini juga berperan sebagai tempat untuk meletakkan komponen-komponen penting, seperti CPU, memori, dan lainnya. Lantas apa yang dimaksud dengan Motherboard dalam komputer? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Baca juga: Cara Membuat E-mail di HP dan Komputer dengan Mudah dan Praktis

Definisi Motherboard dalam komputer

Dilansir dari laman Spiceworks, Motherboard merupakan papan sirkuit terbesar dalam mesin komputer. Fungsinya mencakup mendistribusikan listrik dan memungkinkan komunikasi antar komponen, seperti unit pemrosesan pusat (CPU), Random Access-Memory (RAM), dan perangkat keras lainnya.

Terdapat berbagai macam motherboard, masing-masing dirancang untuk kompatibilitas dengan model dan ukuran komputer tertentu.

Motherboard komputer biasanya ditempatkan di dalam casing komputer, yang berfungsi sebagai titik penghubung untuk sebagian besar elemen dan periferal komputer.

Secara sederhana, motherboard dapat dianalogikan sebagai tulang punggung dari sebuah komputer. Tanpa motherboard, komponen-komponen komputer lainnya tidak akan dapat saling berkomunikasi dan bekerja sama.

Fungsi Motherboard

Berikut ini beberapa fungsi Motherboard dalam komputer:

Mengelola aliran data

Komponen BIOS pada Motherboard berfungsi untuk memastikan bahwa sistem operasi berinteraksi dengan baik dengan perangkat inout dan output, seperti keyboard dan mouse, untuk mengolah instruksi.

Ini memastikan bahawa data yang dikirim ke komputer bergerak sesuai instruksi untuk mencapai tujuan yang dimaksud. Selain itu, hal ini memastikan prosesor dapat mengakses informasi dari RAM untuk meningkatkan efisiensi.

Mengoptimalkan distrubusi daya

Motherboard memfasilitasi dan mengatur distribusi daya dengan efisien. Komputer sendiri membutuhkan pasokan listrik untuk beroperasi, dan motherboard dilengkapi dengan konektor daya yang menghubungkan komputer ke sumber listrik, mengubahnya menjadi bentuk tenaga listrik yang dapat digunakan oleh komputer.

Setelahnya, motherboard bertanggung jawab memastikan arus listrik didistribusikan secara optimal ke berbagai komponen sistem.

Meningkatkan kinerja komputer

Motherboard memiliki peran dalam meningkatkan performa komputer. Fungsinya sering kali mengubah kapabilitas komputer dengan menyediakan fitur dan fungsi tambahan, seperti kemampuan suara dan video terintegrasi yang dapat meningkatkan hasil keluaran komputer.

Selain itu, motherboard memungkinkan pengguna untuk menghubungkan perangkat periferal seperti printer, sehingga komputer dapat menangani tugas tambahan seperti pencetakan dokumen.

Komunikasi antar komponen

Motherboard memfasilitasi komunikasi yang lebih lancar antara komponen-komponen berbeda. Pada situasi di mana komputer perlu memproses serangkaian instruksi tertentu yang melibatkan kerja sama beberapa komponen, motherboard menggunakan teknologi sirkuitnya untuk menyederhanakan komunikasi antar komponen tersebut.

Motherboard juga dapat mengandalkan beberapa komponennya, termasuk CPU, BIOS, port ekspansi, dan port USB, untuk berinteraksi dengan sistem operasi komputer.

Baca juga: Perbedaan Istilah Internet dan Ethernet dalam Jaringan Komputer

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com