Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Channel Dapat Fitur Polling dan Voice Note

Kompas.com - Diperbarui 20/01/2024, 07:17 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp (WA) Channel alias Saluran WhatsApp kini memiliki sejumlah fitur baru. Aneka fitur baru WA ini diumumkan langsung oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg lewat Saluran WhatsApp miliknya.

Menurut posting Zuckerberg, WhatsApp Channel kini punya fitur pesan suara, mendukung beberapa admin, hingga fitur polling. Tak hanya itu, pengguna kini bisa membagikan posting di Channel ke WA Status.

"Kami mengumumkan sejumlah fitur baru untuk WA Channel termasuk voice notes, multiple admin hingga berbagi ke WA status serta polling," kata Zuck lewat WA Channel.

Lewat postingnya juga, Zuck juga membagikan sebuah polling terkait game terbaik. Posting ini sekaligus memberikan gambaran bagaimana polling muncul di WhatsApp Channel.

Tampilannya sendiri masih sama seperti fitur polling di dalam obrolan WhatsApp. Pengguna yang mengikuti channel bisa membubuhkan pilihannya. Kemudian ada pula kalkuklasi yang menunjukkan mana saja opsi yang dipilih pengguna.

Baca juga: WhatsApp Bikin Format Teks Baru di iOS dan Android

Postingan Mark Zuckerberg di WhatsApp ChannelKompas.com/Lely Maulida Postingan Mark Zuckerberg di WhatsApp Channel

Sementara itu fitur voice note, memungkinkan pemilik channel untuk memposting pesan suara. Misalnya penyanyi yang mungkin ingin membagikan suaranya atau memberikan bocoran album terbarunya.

WhatsApp juga kini menambahkan jumlah admin yang bisa mengelola WA Channel. Kini, sebuah Saluran WhatsApp bisa dikelola sampai 16 admin.

Posting di WhatsApp Channel juga sekarang bisa dibagikan di WA Status oleh setiap pengguna yang mengikuti channel. Dengan begitu, pengguna lainnya yang mungkin tidak mengikuti channel yang sama, bisa melihatnya.

Semua fitur baru WhatsApp Channel ini dirilis global hari ini, Kamis (18/1/2024). Pantauan KompasTekno, fitur itu juga sudah terlihat di beberapa WhatsApp Channel di Indonesia.

Bisa bikin stiker tanpa keluar aplikasi

Selain aneka fitur baru untuk WA Channel, belum lama ini WhatsApp juga menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna membuat stiker sendiri tanpa perlu keluar dari aplikasi.

Fitur bikin stiker WhatsApp dari foto ini baru tersedia untuk pengguna iOS saja. Belum diketahui kapan WhatsApp menggulirkan fitur yang sama untuk Android.

Dengan dukungan itu, pengguna bisa membuat kreasi stiker WhatsApp sendiri sesuai preferensinya, tanpa perlu keluar dari aplikasi.

Ilustrasi fitur buat stiker WhatsApp sendiri di iOSWhatsApp Ilustrasi fitur buat stiker WhatsApp sendiri di iOS

Selain membuat stiker baru, pengguna juga bisa memodifikasi stiker yang sudah ada sebelumnya, sesuai keinginan. Misalnya, menambahkan item lain, membubuhkan teks dan lain sebagainya.

Dengan begitu, pengguna tidak lagi bergantung pada aplikasi pihak ketiga untuk membuat stiker WhatsApp.

Dukungan ini juga diklaim memangkas proses drag-and-drop gambar dari aplikasi galeri, karena gambarnya sudah terintegrasi dengan WhatsApp. Jadi, pengguna tidak perlu keluar masuk aplikasi.

Baca juga: WhatsApp iOS Bisa Bikin Stiker Tanpa Keluar Aplikasi

Dalam praktiknya, aplikasi pesan instan ini menyediakan sejumlah alat dan fitur pembuatan stiker. Beberapa di antaranya yaitu pemotong gambar otomatis, teks, gambar, hingga opsi menimpa stiker di atas stiker lain.

Stiker yang dibuat pengguna juga bisa dibagikan langsung ke pengguna lainnya. Setelah terkirim, stiker baru itu akan secara otomatis masuk dalam daftar stiker. Jadi, pengguna bisa mengirimkannya lagi kapan pun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com