Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Bikin Format Teks Baru di iOS dan Android

Kompas.com - 15/01/2024, 08:12 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi perpesanan instan WhatsApp (WA) tengah menguji coba format teks baru yang bisa digunakan di ruang obrolan (chat). Format teks ini digunakan untuk mengubah tampilan atau tata letak (layout) dari pesan yang dikirim.

Kehadiran format teks baru WhatsApp terendus oleh situs pembocor fitur baru WA, WABetaInfo. Format teks baru ini ditemukan di WhatsApp Beta Android versi 2.24.2.9 dan di iOS versi 23.21.1.75.

Ada tiga format teks anyar yang diperkenalkan oleh WhatsApp, yakni "Code block", "Quote block", dan "Lists".

Code block adalah format teks yang mempermudah pengguna untuk membaca kode pemrograman. Format ini akan membuat teks memiliki font yang lebih besar disertai latar belakang berwarna abu-abu. Pengguna bisa mengapit teks di kolom pesan dengan tanda petik satu (') untuk menggunakan Code block.

WhatsApp tengah menguji coba format teks baru yang terdiri dari Code block, Quote block, dan ListsKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy WhatsApp tengah menguji coba format teks baru yang terdiri dari Code block, Quote block, dan Lists
Berikutnya, terdapat Quote block yang digunakan untuk membalas bagian tertentu dari sebuah pesan. Teks bakal dilengkapi oleh garis vertikal di bagian kiri. Pesan tersebut bakal dikemas dengan warna abu-abu, bukan hitam seperti teks WA pada umumnya.

Baca juga: Tampilan Warna WhatsApp Bakal Bisa Diganti, Tidak Hanya Hijau

Untuk menggunakan Quote block, pengguna cukup menambahkan tanda ">" di awal pesan. Setelah itu, ketuk tombol spasi dan tulis pesan yang ingin dikirimkan.

Terakhir, pengguna bisa memanfaatkan "Lists" untuk mengatur informasi dengan rapi. Caranya, pengguna memulai pesan dengan tanda "*", "-", atau angka untuk membuat daftar berurutan.

Daftar ini secara otomatis akan dibuat menjorok ke dalam, berbeda dari chat lainnya.

Seperti yang sudah disebutkan, fitur ini dapat diuji coba oleh pengguna aplikasi WhatsApp Beta Android dan iOS. Pantauan KompasTekno, fitur ini belum tersedia di WhatsApp Beta Android kami, tetapi sudah bisa kami coba di WhatsApp Web (desktop).

WhatsApp diperkirakan akan menggelontorkan format teks ini secara resmi pada beberapa minggu mendatang, sebagaimana dikutip KompasTekno dari GSMArena, Senin (15/1/2024).

Pengguna bisa secara rutin memperbarui versi WhatsApp yang dimiliki untuk mengecek ketersediaan format teks terbaru.

Format teks hadir sejak 2016

Format teks sebenarnya bukan merupakan fitur WhatsApp yang baru. Pada 2016, pengguna WhatsApp bisa memanfaatkan format teks untuk membuat tulisan menjadi tebal (bold), serta membuat tulisan menjadi miring (italic).

Caranya, pengguna bisa mengapit teks dengan tanda "*" untuk menebalkan teks. Pengguna juga bisa membuat teks menjadi miring dengan mengapit pesan menggunakan tanda "_". Format teks ini bisa dikombinasikan.

Dengan format teks, WhatsApp memperkenalkan cara yang lebih efektif untuk mengirimkan pesan, baik dalam lingkungan kasual maupun profesional.

Warna antarmuka baru

Selain format teks, WhatsApp diketahui tengah menyiapkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mengubah tampilan warna antarmuka (UI) aplikasi. Pengguna diberi lima opsi warna UI, yaitu hijau, biru, putih, pink, dan ungu.

Perubahan warna ini nantinya berlaku pada berbagai elemen antarmuka WA, seperti tombol "New Chat", tombol menelepon, dan lain sebagainya.

Fitur baru WhatsApp ini tidak hanya membuat tampilan aplikasi sesuai selera pengguna, tetapi juga membuat aplikasi lebih aksesibel bagi pengguna yang kesulitan melihat warna tertentu.

Kehadiran fitur ini terendus WABetaInfo di WhatsApp iOs versi beta 24.21.1.70 di Testflight. Testflight merupakan program uji coba WA yang dibuka untuk pengguna perangkat Apple.

Untuk menggunakannya, pengguna perlu mengakses menu baru "Appearance" dan "App Color". Lalu, pengguna bisa memilih kelima warna yang sudah disinggung sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com