Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Siapkan Fitur Transfer File Mirip AirDrop iPhone

Kompas.com - 23/01/2024, 13:02 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi perpesanan instan WhatsApp (WA) tengah mengembangkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mengirimkan file via Bluetooth. Jadi, pengguna bisa mengirim file tanpa perlu membuka ruang obrolan (chatroom) kontak tertentu terlebih dahulu, seperti selama ini.

Pengguna juga bisa mengirim file ke pengguna WhatsApp lain tanpa harus menyimpan kontaknya terlebih dahulu. Fitur ini kurang lebih mirip seperti AirDrop milik Apple, serta Quick Share milik Google dan Samsung.

Seperti AirDrop, fitur transfer file WhatsApp memungkinkan pengguna WhatsApp untuk saling mengirim atau menerima file. Kedua pengguna WhatsApp harus membuka software transfer file, dan mereka harus berdekatan agar file itu bisa dikirimkan.

Untuk mengirim file lewat Bluetooth, pengguna WhatsApp harus menggoyangkan smartphone miliknya secara fisik, untuk membuat permintaan sharing file.

Baca juga: WhatsApp Channel Dapat Fitur Polling dan Voice Note

Adapun kehadiran fitur ini terendus oleh WABetaInfo, yang kerap membocorkan bakal fitur baru WhatsApp. Fitur yang masih dalam tahap pengembangan ini muncul di WhatsApp Beta Android versi 2.24.2.20.

Karena masih dalam tahap pengembangan, fitur ini belum bisa dijajal oleh semua pengguna WA Beta.

Menurut tangkapan layar (screenshot) yang dibagikan oleh WABetaInfo, fitur transfer file ini nantinya bisa diakses di menu "People Nearby".

Bocoran tampilan fitur transfer file WhatsAppWABetaInfo Bocoran tampilan fitur transfer file WhatsApp
Dalam menu ini, pengguna akan melihat ikon gembok berwarna hijau dan tulisan "Share files with people nearby" (Bagikan file dengan orang di sekitar pengguna).

Kemudian di bawahnya, terdapat keterangan bahwa kedua perangkat yang ingin mentransfer atau menerima file, mesti sama-sama membuka menu "People Nearby".

Pengguna pun bisa melihat daftar orang di sekitarnya lewat sub menu "People Nearby". Lalu, ada sub menu "Your Visibility", yang memperlihatkan nama pengguna yang ditampilkan di perangkat pengguna lain.

Saat ingin mengirimkan file, pengguna harus meminta pengguna di dekatnya untuk membuka aplikasi WhatsApp dan menggoyangkan ponselnya. Setelah itu, barulah pengguna itu bisa melihat permintaan sharing file yang dikirimkan.

Belum diketahui jarak berbagi file yang ditetapkan oleh WhatsApp. Sebagai perbandingan, AirDrop sendiri bisa digunakan dalam jarak sekitar sembilan meter.

Baca juga: WhatsApp Channel Bakal Kedatangan Fitur Polling seperti di Grup

Fitur kirim file WhatsApp via Bluetooth tersebut juga akan dilindungi oleh enkripsi ujung ke ujung (end to end encryption/E2EE), sama seperti chat WA pada umumnya. Artinya, pembagian file ini dilindungi dari pihak ketiga yang tidak diinginkan.

Nomor telepon pengguna juga bakal dirahasiakan dari pengguna yang tidak masuk dalam daftar kontak nomor telepon.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Selasa (23/1/2024), belum diketahui kapan fitur ini akan dirilis ke pengguna publik. Begitu pula ketersediaannya di platform iOS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com