Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Hari Dirilis, Game Palworld Lewati Rekor Counter-Strike 2

Kompas.com - 24/01/2024, 16:06 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GamesRadar

KOMPAS.com - Game bergenre survival multiplayer, Palworld, mencatatkan rekor sebagai game dengan jumlah pemain bersamaan (concurrent) terbanyak kedua di platform Steam.

Game Palworld ini padahal baru dirilis resmi pada 19 Januari lalu atau kurang dari satu minggu.

Palworld mengalahkan rekor jumlah pemain bersamaan game shooter Counter-Strike 2 (CS2) di platform distribusi game PC milik Valve itu.

Namun, game bikinan studio Pocketpair ini, belum bisa mengalahkan jumlah pemain bersamaan PUBG: Battlegrounds yang menduduki posisi pertama.

Adapun game yang memadukan mekanisme mengumpulkan monster ala Pokemon dan penggunaan senapan api ala Grand Theft Auto (GTA) ini, tercatat meraih 1.864.421 pemain bersamaan hanya sekitar lima hari setelah peluncurannya.

Baca juga: Riot Games, Developer Game Valorant PHK Ratusan Karyawan Global

Sebagai perbandingan, situs basis data SteamDB menunjukkan bahwa PUBG: Battlegrounds pada puncaknya dimainkan oleh 3.257.248 gamer secara bersamaan, sedangkan CS2 dimainkan oleh 1.818.773 pengguna secara bersamaan.

Rekor PUBG bisa dibilang sulit dipecahkan karena Palworld dan CS2 belum bisa meraih 2 juta pemain bersamaan.

Yang perlu dicatat, angka pemain Palworld hanya dihitung berdasarkan data SteamDB saja.

Platform lainnya yang menghadirkan game Palworld, yakni Xbox, Microsoft Store, Xbox Game Pass, dan PC Game Pass tidak dihitung. Dengan begitu, besar kemungkinan jumlah pemain Palworld dalam semua platform itu lebih banyak lagi.

Terlepas dari itu, ini menjadi kesuksesan besar bagi Pocketpair selaku pengembang Palworld. Sebab, game survival multiplayer Pocketpair sebelumnya, Craftopia, hanya dimainkan oleh 27.246 gamer secara bersamaan di Steam, sehingga terdapat selisih sebanyak 1.837.175 pemain dengan Palworld.

Lebih besar dari Cyberpunk 2077

Palworld juga menjadi game keenam yang pernah mencapai 1 juta pemain concurrent, bersamaan dengan Cyberpunk 2077, Dota 2, Lost Ark, Counter-Strike 2, dan PUBG: Battlegrounds.

Jumlah pemain bersamaan Palworld saat game tersebut baru diluncurkan, mengalahkan berbagai jumlah pemain berbagai game populer pada pekan perilisannya, seperti Cyberpunk 2077 dengan 830.387 gamer dan Elden Ring dengan 952.523 gamer.

Kecepatan Palworld dalam memecah rekor jumlah pemain bersamaan bisa dibilang menarik, karena game seperti CS2 dan PUBG membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencapai rekornya masing-masing, sebagaimana dikutip KompasTekno dari GamesRadar, Rabu (24/1/2024).

Adapun Palworld masih dalam tahap pengembangan awal (early access), sehingga fitur game ini masih terbatas. Ketika game ini rampung dan keluar dari early access, ada kemungkinan jumlah pemain bersamaan ini bakal meningkat lagi.

Baca juga: Game Plants vs Zombies 3 Akhirnya Meluncur di Android dan iOS

Mengumpulkan dan melawan monster

PalworldSteam Palworld
Bagi yang belum familier, Palworld merupakan game action RPG yang memungkinkan pemain untuk membuat karakternya sendiri sebelum menelusuri dunia terbuka (open-world).

Dalam dunia bernama Kepulauan Palpagos ini, pengguna bisa menemukan 100 monster yang diberi nama "Pals". Monster ini bisa dilawan dan ditangkap layaknya game Pokemon bikinan studio Game Freak.

Perbedaannya, Palworld bisa dikatakan lebih ekstrem daripada Pokemon. Sebab, pengguna bisa memakan Pals yang sudah ditangkap, mempekerjakan mereka di pabrik, dan menggunakan senapan api realistis untuk melawan Pals.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com