Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Collector-X" Meluncur di Android, Game MMORPG Mobile Bikinan Indonesia

Kompas.com - 13/01/2024, 09:03 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Studio game asal Indonesia, Bara Games meluncurkan game terbarunya Collector-X di platform Android pada Kamis (11/1/2024).

Collector-X diklaim sebagai permainan MMORPG untuk platform mobile pertama yang dibuat oleh pengembang Indonesia.

MMORPG adalah singkatan dari Massively Multiplayer Online Role-Playing Game. Permainan ini memadukan elemen RPG yang mana pengguna bisa menaikkan level karakter dan menelusuri dunia luas, serta elemen MMO yang memungkinkan pemain bertemu dengan banyak gamer.

Contoh game MMORPG yang mungkin familier di telinga pemain adalah Ragnarok Online dan Dragon Nest.

Dalam game Collector-X, semua pemain bakal ditempatkan di peta (map) X-World yang sama. Dengan begitu, ketika pemain offline pun, server akan terus aktif dan berjalan.

Dari segi gameplay, game Indonesia ini mengajak pemain untuk berburu monster dalam sudut pandang orang ketiga (third person). Pengguna bakal berjalan dan menyerang musuh menggunakan tombol yang disematkan di layar.

Baca juga: Game Valorant Rilis Patch 8.0, Pertama Kali Bawa Senjata Baru

Collector-XGoogle Play Collector-X
Ketika monster tersebut tumbang, gamer bisa naik level dan mendapatkan berbagai item yang bisa dipakai atau digabungkan (crafting) menjadi item yang lebih kuat.

Setiap naik level, pemain bakal mendapatkan satu Skill Point dan tiga Level Point.

Skill Point dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan (skill), seperti damage yang lebih sakit atau cooldown serangan yang makin singkat. Sementara Level Point memungkinkan pengguna menaikkan atribut yang dimiliki, seperti "darah" alias health points (HP).

Jika sudah mencapai level 150, pengguna bisa menukar X-DNA, yang akan membuka peningkatan kemampuan (buff) dan tampilan karakter yang berbeda. Gamer juga bakal mendapatkan bonus status dalam waktu yang terbatas.

Bicara soal item, game mobile ini memperkenalkan mekanisme Chip yang menghadirkan bonus atribut spesial sehingga pengguna menjadi lebih kuat.

Lalu, pengguna yang ingin menukar item miliknya bisa membuka stan penjual otomatis. Stan ini juga bisa digunakan untuk barter ketika pengguna offline hingga 12 jam. Gamer dimungkinkan untuk membagikan item yang dimiliki menggunakan sistem Mailbox.

Collector-XGoogle Play Collector-X
Game dengan genre MMORPG umumnya tidak hanya menghadirkan mekanisme combat dan dungeon saja, pastinya ada aktivitas sampingan yang bisa dilakukan. Dalam konteks X-Collector, aktivitas tersebut dibagi menjadi memancing, bercocok tanam, dan merawat pet.

Aktivitas bercocok tanam memungkinkan pengguna untuk menanam dan memanen berbagai buah serta sayur. Hasil panen ini bisa dikombinasikan dan dimasak menjadi hidangan yang bisa dikonsumsi.

Lalu, ada fitur merawat pet ala game Tamagotchi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com