Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Oppo Reno 11 5G, Serba Baru dan Lebih Fresh

Kompas.com - 25/01/2024, 12:02 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Oppo mengawali 2024 dengan memboyong ponsel Reno 11 5G terbarunya ke Indonesia untuk meneruskan Reno 10 yang dirilis tahun lalu.

Dibanding pendahulunya itu, Reno 11 5G menawarkan sejumlah peningkatan, termasuk dari segi spesifikasi yang lebih baru. Kamera utamanya pu kini sudah dibekali peredam goyangan alias OIS.

Baca juga: Oppo Reno 11 F 5G Dipastikan Masuk Indonesia, Ini Bocoran Spesifikasinya

Ponsel yang mempertahankan harga di Rp 6 juta ini turut membawa desain baru dengan tampilan lebih segar dan terkesan lebih mewah.

Paket aksesori lengkap

KompasTekno menerima sample unit Oppo Reno 11 5G versi ritel Indonesia, varian warna Hijau Ombak, yang datang dalam kotak berwarna dasar putih dengan desain khas Oppo

Kemasan Reno 11 5G terbilang cukup besar untuk ukuran perangkat yang tersimpan di dalamnya. Sebab, boks tersebut memang memuat paket aksesori yang lengkap.

Selain rangkaian booklet standar, Oppo Reno 11 5G turut menyelipkan stiker phone hole seal untuk melindungi konektor dan tombol ponsel ketika memang screen protector sendiriKOMPAS.com/ OIK YUSUF Selain rangkaian booklet standar, Oppo Reno 11 5G turut menyelipkan stiker phone hole seal untuk melindungi konektor dan tombol ponsel ketika memang screen protector sendiri

Oppo menyertakan charger dengan keluaran daya 67 watt, sesuai dengan daya fast charging Super VOOC yang didukung oleh Reno 11 5G, berikut kabel tipe USB A ke USB C.

Selain booklet panduan, pembeli Reno 11 5G akan mendapatkan SIM card ejector tool serta satu aksesori lain yang terbilang jarang ditemukan di kemasan ponsel lain, yakni stiker phone hole seal.

Rangkaian aksesori pelengkap di kotak kemasan Oppo Reno 11 5GKOMPAS.com/ OIK YUSUF Rangkaian aksesori pelengkap di kotak kemasan Oppo Reno 11 5G

Phone hole seal berfungsi menutup konektor dan tombol ponsel agar tidak kemasukan lem UV apabila pengguna ingin memasang screen protector sendiri.

Baca juga: ColorOS 14 Meluncur Global, Masuk Indonesia lewat Oppo Reno 11 Series 5G

Satu aksesori lain yang turut diselipkan di kemasan Reno 11 5G adalah casing berjenis softcase untuk melindungi ponsel. Warnanya bukan transparan seperti di smartphone lain pada umumnya, melainkan hijau tosca, senada dengan warna ponsel.

Desain baru, lebih fresh

Saat dilihat dari depan, Oppo Reno 11 5G nyaris tidak bisa dibedakan dari pendahulunya. Sebab, layarnya memang masih sama, dengan panel AMOLED berukuran 6,7 inci (2.412 x 1.080 pixel, 120 Hz).

Di bagian atas layar yang memiliki pinggiran melengkung (curved) ini terdapat punch hole yang memuat kamera depan. Persis di atas kamera terdapat celah kecil untuk loudspeaker kedua sehingga Reno 11 5G mampu menghasilkan keluaran suara stereo.

Di sisi bawah layar terdapat sebuah fingerprint scanner in-display berjenis optical. Frame di pinggiran Reno 11 5G berukuran kecil sehingga membaut ponsel terasa tipis saat digenggam, padahal ketebalannya tergolong standar di angka 8 mm.

Bagian depan dan belakang Oppo Reno 11 5G varian warna Hijau OmbakKOMPAS.com/ OIK YUSUF Bagian depan dan belakang Oppo Reno 11 5G varian warna Hijau Ombak

Saat membalik ponsel, barulah tampak perbedaan yang kentara. Reno 11 5G kini memiliki desain baru yang terlihat lebih segar dengan pola garis-garis dan glitter, sehingga sekilas varian warna hijau ombak terlihat mirip batu giok.

Corak tersebut sekaligus menyamarkan noda sidik jari sehingga Reno 11 5G tidak lekas terlihat dekil, meskipun punggungnya memiliki finishing glossy yang mengilap.

Baca juga: Otak Oppo Reno 11 5G Series Versi Indonesia Beda dengan China, Ini Alasannya

Modul kameranya juga tampil beda. Keseluruhannya tetap berbentuk kapsul, tapi ukuran penampang lingkaran untuk lensa kamera utama kini berukuran lebih kecil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com