Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna TikTok Bakal Bisa "Upload" Video Berdurasi 30 Menit?

Kompas.com - 25/01/2024, 12:32 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber BGR

KOMPAS.com - Pengguna media sosial berbasis video pendek TikTok tampaknya akan bisa mengunggah (upload) video TikTok dengan durasi yang lebih lama.

Sebab, ada informasi yang menyebut bahwa durasi maksimal video yang diunggah di TikTok akan bisa mencapai 30 menit. Hingga saat ini, pengguna hanya bisa mengunggah video dengan durasi maksimal 10 menit saja.

Informasi ini diumbar pegiat media sosial Matt Navara melalui sebuah unggahan di akun resmi Threads miliknya dengan handle @mattnavarra.

Dalam unggahan tersebut, Matt mengatakan bahwa fitur unggahan video dengan durasi 30 menit ini ditemui di aplikasi TiKTok versi beta. Sehingga, fitur ini bisa dibilang belum ada di aplikasi versi "reguler" yang beredar di publik saat ini.

Baca juga: TikTok Kembali PHK Karyawan

Terkait video 30 menit di TikTok, Matt mengatakan bahwa pengguna yang sudah mendapatkan fitur ini akan disuguhi dengan sebuah jendela pop-up.

Jendela tersebut menginformasikan bahwa mereka sudah bisa mengunggah video berdurasi maksimal 30 menit di TikTok, meningkat dari sebelumnya yang mentok 10 menit. 

Tampilan jendela pop-up untuk fitur video 30 menit di TikTok bisa dilihat dalam gambar di bawah ini.

Ilustrasi jendela pop-up yang menginformasikan bahwa pengguna sudah bisa mengunggah video berdurasi 30 menit di TikTok.Threads.com/MattNavarra Ilustrasi jendela pop-up yang menginformasikan bahwa pengguna sudah bisa mengunggah video berdurasi 30 menit di TikTok.

Belum bisa diketaui kapan fitur ini akan hadir di aplikasi TikTok versi reguler, atau dirilis secara publik ke pengguna lebih luas.

Namun, apabila sudah hadir di versi beta, maka kemungkinan fitur tersebut sedang diuji coba, dan jika tidak ada masalah, maka fitur itu boleh jadi akan dirilis TikTok dalam waktu dekat, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BGR.com, Kamis (25/1/2024).

Akan jadi pesaing YouTube

Nantinya, ketika fitur ini hadir, TikTok kemungkinan akan bersaing langsung dengan platform media sosial berbasis video panjang, salah satunya seperti YouTube.

Meskipun menjadi trendsetter platform video pendek, TikTok juga memiliki opsi untuk mengunggah video berdurasi cukup panjang, yakni 10 menit. Durasi ini paling panjang dibanding layanan video pendek pesaing TikTok lain.

Baca juga: Apa Itu Orange Peel Theory yang Lagi Ramai di TikTok? Begini Penjelasannya

Sebagai gambaran, pesaing TikTok seperti, YouTube Shorts dan Instagram Reels, masing-masing hanya bisa mengunggah video dengan durasi 60 detik dan 90 detik saja.

Adapun durasi maksimal unggahan video TikTok sendiri sebenarnya meningkat seiring berjalannya waktu.

Pada mulanya, durasi video TikTok adalah 60 detik atau 1 menit untuk waktu maksimal. Kemudian pada Juli 2021, durasi video TikTok diperpanjang menjadi maksimal 3 menit, dan kembali diperpanjang menjadi 5 menit pada November 2021 lalu.

Lalu sekitar Maret 2022, TikTok mengumumkan bahwa pihaknya meningkatkan durasi video yang bisa diunggah pengguna menjadi 10 menit, dan durasi tersebut masih tetap menjadi durasi maksimal hingga saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com