Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Logitech Luncurkan Reach, Webcam Horizontal untuk Kreator Konten

Kompas.com - 26/01/2024, 18:01 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PCGamesN

KOMPAS.com - Kreator konten yang fokus membahas produk sering kali menggunakan angle kamera top-down view untuk melihat lurus ke bawah dari arah atas, misalnya ketika melakukan unboxing.

Menempatkan kamera dalam posisi overhead macam demikian terbilang rumit karena membutuhkan tripod khusus yang bisa dibentangkan secara horizontal (flat lay). Bagaimana jika ada webcam yang langsung bisa melakukannya tanpa disertai kerepotan?

Baca juga: 4 Rekomendasi Webcam Mulai Rp 800.000-an agar Rapat Online Lebih Bening

Itulah yang ditawarkan oleh Reach dari Logitech. Produk webcam ini datang dengan stand khusus yang memiliki lengan vertikal dan horizontal, mirip stand mikrofon desktop.

Dengan stand tersebut, Logitech Reach pun bisa diposisikan secara horizontal menghadap lurus ke bawah dengan mudah. Panjang lengan horizontal yang menopang kamera bisa diatur dan diubah arahnya.

Logitech Reach dalam beberapa posisiLogitech Logitech Reach dalam beberapa posisi
Mounting kamera bisa diputar ke segala arah, sementara bagian base stand dapat berotasi 360 derajat sehingga kamera pun bisa diatur dengan bebas agar menghadap ke arah lain yang dikehendaki.

Ketinggiannya juga bisa diatur, namun terbatas maksimal hanya 60 cm dari base stand sesuai dengan panjang lengan vertikal, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PCGamesN, Jumat (26/1/2024).

Unit kameranya sendiri, menurut keterangan di situs Logitech, bisa menangkap video dengan resolusi maksimal sebesar 1080p 60 fps.

Ada dua jenis base stand yang disediakan, yakni base standar berbentuk bundar dan base tipe jepit untuk ditempatkan di pinggir meja.

Logitech Reach bisa diatur agar menghadap ke berbagai arah dengan mudahLogitech Logitech Reach bisa diatur agar menghadap ke berbagai arah dengan mudah
Logitech menjual Reach dengan harga yang relatif tinggi untuk ukuran webcam, yakni 349 dollar AS atau sekitar Rp 5,6 juta.

Namun, Reach memang bukan ditujukan bagi pengguna umum, tapi audience yang lebih spesifik dan memang memerlukan fleksibilitas angle kamera, seperti kreator konten dan juga kalangan pengajar.

Baca juga: Logitech Perkenalkan Astro A50 X, Headset Wireless untuk Konsol dan PC

Reach sendiri sebenarnya sudah mulai ditawarkan tahun lalu lewat program urun dana yang digelar Logitech di Indiegogo, tapi baru pekan ini saja mulai dijual bebas.

Ketika dipajang di Indiegogo, Reach ternyata banyak diminati sehingga berhasil mengumpulkan dana 607.780 dollar AS (Rp 9,6 miliar) dari 2.112 penyumbang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com