Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Microsoft Word 365 Tidak Bisa Diketik? Begini Cara Mengatasinya

Kompas.com - Diperbarui 05/02/2024, 07:31 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Microsoft Word 365 salah satu aplikasi pengolah kata andalan pengguna dalam mengolah dokumen yang bisa diakses secara online. Salah satu keunggulan Word 365 adalah memungkinkan kolaborasi real-time antar pengguna.

Beberapa orang dapat bekerja pada dokumen yang sama secara bersamaan, melihat perubahan satu sama lain secara langsung.

Namun tak jarang pengguna mengalami beberapa hambatan. Salah satunya Microsoft Word yang tidak bisa diketik atau diedit. Lantas kenapa Microsoft Word tidak bisa diketik? Penyebab masalah ini datang dari berbagai faktor.

Mulai dari koneksi jaringan, pengguna yang belum mendapatkan akses izin pengeditan, atau versi Microsoft Word 365 yang belum diperbarui. Maka dari, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi Microsoft Word 365 tidak bisa diketik.

Baca juga: Cara Menambahkan Text Box di Microsoft Word dengan Mudah

Izin pengeditan

Salah satu mengapa Microsoft Word 365 tidak bisa diketik, karena bisa jadi Anda menerima file Word dair seseorang lewat email atau Microsoft Teams? Jika mereka hanya memberikan izin untuk melihat, maka Anda tidak bisa mengetik dan mengubah-ubahnya.

Koneksi jaringan yang tidak stabil

Semua paket Microsoft 365 hadir dengan penyimpanan OneDrive sebesar 1 TB , dan sebagian besar pelanggan lebih memilih untuk menyimpan file Word di platform cloud untuk berbagi dan berkolaborasi dengan lancar.

Microsoft Word menyinkronkan perubahan Anda di OneDrive secara real time. Namun, ketika PC atau Mac Anda mengalami masalah koneksi jaringan, perangkat lunak gagal melakukannya dan mungkin mencegah Anda mengedit dokumen. Anda perlu menyambung ke jaringan Wi-Fi berkecepatan tinggi dan mencoba menyinkronkan lagi file Word.

Tutup file Word di perangkat lain

Apakah Anda memiliki file Word yang terbuka di desktop atau Mac lain? Adapun jika bersamaan terbuka, bisa jadi hal ini yang menyebabkan kenapa Microsoft Word tidak bisa diketik.

Maka dari itu cobalah ntuk Anda harus menutup file Word di perangkat lain terlebih dahulu dan coba lagi.

Periksa penyimpanan OneDrive

Apabila akun OneDrive memiliki penyimpanan yang tidak mencukupi, maka biasanya Anda tidak bisa menyimpan atau mengedit dokumen Word.

Anda dapat mengunjungi OneDrive di web dan memeriksa penyimpanan dari bar samping. Selain itu Anda dapat menghapus file yang tidak diperlukan atau membeli paket tambahan untuk menambah penyimpanan OneDrive.

Menonaktifkan fitur Add-in di Microsoft Word

Microsoft Word memiliki dukungan untuk add-in yang beragam. Beberapa add-in yang terkadang sering error, atau yang sudah kuno biasanya akan membuat masalah pada Microsoft 365.

Maka dari itu agar bisa kembali mengetik, Anda bisa menghapus add-in yang tidak diperlukan di aplikasinya. Begini cara menghapusnya:

  • Buka File di Microsoft Word 365
  • Pilih “Options”
  • Klik Add-in dari sidebar dan pilih Go
  • Pilih add-on yang tidak dikenal dan klik “Remove” dari Word

Baca juga: 2 Cara Menyisipkan Hyperlink di Dokumen Microsoft Word

Demikian cara mengatasi kenapa Microsoft Word tidak bisa diketik. Semoga membantu.
Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com