Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Header dan Footer di Microsoft Word dan Cara Membuatnya

Kompas.com - 06/01/2024, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Microsoft Word atau biasa disebut dengan Word saja, memiliki segudang fitur yang memudahkan pengguna dalam mengolah teks, salah satunya adalah Header dan Footer. Dalam mengolah teks di Word, dua fitur itu penting untuk dikuasai.

Header dan Footer di Word memiliki fungsi yang cukup mirip, tetapi formatnya berbeda., Pengguna yang tengah belajar mengoperasikan Word kiranya perlu untuk memahami perbedaan Header dan Footer di Word.

Baca juga: Cara Membuat Nomor Halaman Romawi dan Angka di Microsoft Word, Mudah

Lantas, apa perbedaan Header dan Footer di Word? Jika tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai perbedaan Header dan Footer yang perlu diketahui.

Perbedaan Header dan Footer di Word

Untuk mengetahui perbedaan Header dan Footer di Word, ada baiknya memahami masing-masing pengertiannya. Adapun pemaparan soal pengertian dari Header dan Footer adalah sebagai berikut.

Header

Ilustrasi Header di Microsoft Word.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi Header di Microsoft Word.

Header adalah bagian paling atas di sebuah halaman atau dokumen Microsoft Word, yang terpisah dari isi atau teks utama.

Header biasanya digunakan untuk menyematkan beberapa informasi singkat yang dapat memperjelas isi dokumen Word, misalnya judul dokumen, judul bab, judul bagian tulisan, dan nama penulis.

Baca juga: Cara Menghapus Header pada Halaman Tertentu di Microsoft Word dengan Mudah

Footer

Ilustrasi Footer di Microsoft Word.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi Footer di Microsoft Word.

Footer adalah bagian paling bawah di sebuah halaman atau dokumen Microsoft Word, yang juga terpisah dari isi atau teks utama. Fungsi Footer di Word bisa dibilang hampir mirip dengan Header.

Footer biasanya juga dipakai untuk menyematkan beberapa informasi singkat yang dapat memperjelas dokumen Word, seperti catatan kaki (footnote) dan nomor halaman.

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa setidaknya terdapat dua perbedaan Header dan Footer di Word, yakni di bagian letak dan fungsinya. Adapun perbedaan Head dan Footer di Word adalah sebagai berikut:

  • Header terletak di bagian paling atas halaman atau dokumen Word yang terpisah dari teks utama, sedangkan Footer terletak di bagian paling bawah.
  • Header biasanya lebih digunakan untuk menyematkan judul dokumen, judul bab, judul bagian tulisan, dan nama penulis. Sementara itu, Footer umumnya dipakai untuk menyematkan catatan kaki (footnote) dan nomor halaman.

Itulah perbedaan Header dan Footer di Word yang perlu diketahui. Dengan mengetahui perbedaannya, pengguna dapat lebih mudah untuk memakai Header dan Footer dalam menyusun teks di Word.

Selain memahami perbedaannya, untuk lebih memudahkan dalam mengerti cara penggunaan Header dan Footer di Microsoft Word, pengguna kiranya juga perlu mengetahui cara membuat Header dan Footer.

Lantas, bagaimana cara membuat Header dan Footer di Word? Untuk lebih lengkapnya, silakan penjelasan di bawah ini mengenai cara membuat Header dan Footer di Microsot Word dengan mudah.

Cara membuat Header dan Footer di Word

Cara membuat Header dan Footer di Word itu pada dasarnya cukup mudah. Namun, terdapat langkah yang sedikit berbeda dalam membuatnya. Adapun penjelasan soal masing-masing cara membuat Header dan Footer di Word adalah sebagai berikut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com