Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Tidak Bisa Memperbarui OS MacBook? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 03/02/2024, 15:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Bagi pengguna laptop baik yang menggunakan sistem operasi macOS maupun Windows akan melakukan pembaruan di beberapa waktu tertentu. Untuk pengguna MacBook, macOS terbaru kini mengusung macOS Sonoma 14.0.

Pembaruan ini bisa dilakukan di bagian setelan/settings pada bagian software update. Namun tak jarang pengguna mengalami berbagai masalah. Salah satunya macOS yang tidak bisa diperbarui.

Mengapa macOS tidak bisa diperbarui? Selengkapnya berikut ini beberapa penyebab sistem operasi macOS tidak muncul pembaruan.

Baca juga: Apple Gelar Scary Fast 30 Oktober, iMac dan MacBook Baru Meluncur?

Penyebab macOS tidak bisa diperbarui

  • Tidak mendukung pembaruan baru: Mac Anda bisa jadi sudah tidak mendukung versi pembaruan terbaru.
  • Kurang penyimpanan: Jika penyimpanan di Mac hampir penuh, pengguna bisa jadi tidak memiliki cukup ruang untuk mengunduh dan menginstal pembaruan baru
  • Masalah internet: Jika koneksi internet Anda tidak stabil atau lambat, hal ini bisa menyulitkan proses mengunduh pembaruan.
  • Pembaruan lama yang tertunda: Terkadang, jika ada pembaruan yang tertunda, ini dapat menghambat kemampuan Anda untuk menginstal pembaruan terbaru. Pastikan untuk menyelesaikan pembaruan tertunda terlebih dahulu.

Cara mengatasi macOS tidak dapat diperbarui

Berikut ini beberapa cara mengatasi macOS tidak bisa diperbarui: 

Cek dan pastikan ruang penyimpanan Anda cukup

Setiap kali Anda melakukan pembaruan pada MacBook, itu memerlukan sejumlah ruang penyimpanan. Ini karena pembaruan melibatkan perbaikan bug dan instalasi perangkat lunak baru, sehingga membutuhkan tempat yang cukup di penyimpanan Mac Anda.

Jika Anda mengalami kesulitan melakukan pembaruan, kemungkinan besar penyimpanan yang kurang mencukupi adalah penyebabnya.

Unduh pembaruan yang tertunda

Apakah Mac Anda punya cukup ruang penyimpanan? Jika penyimpanan bukan masalah, bisa jadi masalahnya terletak pada tumpukan pembaruan lama yang belum diinstal.

Beberapa orang mengalami kesulitan mengunduh pembaruan terbaru karena masih ada pembaruan sebelumnya yang tertunda. Jadi, jika Anda kesulitan melakukan pembaruan pada MacBook, sebaiknya unduh terlebih dahulu pembaruan yang tertunda sebelum mencoba mengunduh yang terbaru.

Caranya mudah, buka Pengaturan Sistem di Mac Anda, pilih opsi Umum, dan lanjutkan ke Pembaruan Perangkat Lunak.

Periksa kompatibilitas

Sebelum mencoba menginstal pembaruan perangkat lunak terbaru seperti macOS Sonoma, penting untuk memeriksa apakah Mac Anda masih kompatibel.

Misalnya, jika Mac Anda sudah berusia sekitar sepuluh tahun, kemungkinan besar pembaruan perangkat lunak terbaru tidak akan berhasil diinstal.

Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa perangkat yang sangat tua bisa jadi tidak mampu menangani fitur-fitur baru yang ada dalam pembaruan tersebut. Jadi, pastikan untuk memeriksa kompatibilitasnya sebelum mencoba menginstal pembaruan terbaru.

Hubungi dukungan Apple

Jika Anda sudah mencoba berbagai cara namun masih belum berhasil memperbaiki masalah, langkah terakhir yang dapat Anda ambil adalah menghubungi Dukungan Apple.

Bawa MacBook Anda ke layanan dukungan Apple, dan para ahli di sana akan membantu mencari solusi ketika masalah perangkat lunak yang rumit menghalangi Anda melakukan pembaruan pada Mac.

Baca juga: 2 Cara Screen Record MacBook untuk Bikin Video Tutorial

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com