Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Rekam Acara Peluncuran MacBook Pro M3 dengan Aplikasi Gratisan

Kompas.com - 01/11/2023, 14:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Apple

KOMPAS.com - Usai memperkenalkan sejumlah produk di Apple Event selama 30 menit secara virtual, Apple mengklaim bahwa seluruh video acara tadi direkam sepenuhnya menggunakan iPhone 15 Pro Max.

Klaim tersebut lantas menjadi viral di X/Twitter belakangan ini. Berbagai pengguna kerap mempertanyakan bagaimana proses produksi dilakukan, hingga mempertanyakan aplikasi editing yang digunakan.

Sebab, dalam video produksi yang diunggah Senior Vice President Marketing Apple, Greg Joswiak, terdapat satu shot yang menampilkan layar iPhone 15 Pro Max saat melakukan perekaman. Namun, tampilannya berbeda dengan aplikasi kamera milik iPhone.

Ternyata, menurut penjelasan Apple di situs resminya, tim produksi Apple bukan menggunakan aplikasi kamera bawaan iPhone, melainkan aplikasi gratisan di App Store bernama Blackmagic Camera.

Baca juga: Video Peluncuran MacBook Pro M3 Direkam Sepenuhnya Pakai iPhone 15 Pro Max?

Aplikasi Blackmagic Camera dirancang khusus untuk ponsel yang menjalankan sistem operasi (OS) iOS.

Penggunaan aplikasi pihak ketiga oleh Apple ini ditujukan untuk membantu kru produksi mendapatkan antarmuka yang sama dengan kamera film digital, yang umumnya dipakai untuk pembuatan film layar lebar, acara televisi, dan dokumenter.

“Menggunakan aplikasi Blackmagic Camera yang dirancang eksklusif untuk pengguna iOS (agar) kru film bisa memanfaatkan antarmuka yang sama dengan kamera film digital dengan Blackmagic Design. (Aplikasi) yang menyediakan alat yang sama yang digunakan di film layar lebar, acara televisi, dan dokumenter,” tulis Apple.

Tampilan layar iPhone 15 Pro Max saat melakukan perekaman video acara Apple EventApple Tampilan layar iPhone 15 Pro Max saat melakukan perekaman video acara Apple Event

Untuk diketahui, tampilan kamera iPhone terlihat lebih sederhana, hanya menampilkan tombol shutter di tengah, berikut dengan mode foto yang ingin digunakan. Berbeda dengan tampilan antarmuka Blackmagic Camera yang lebih rumit.

Aplikasi Blackmagic Camera memiliki tombol shutter/record di tengah bawah. Di sisi kanan dan kiri tombol shutter terdapat beberapa ikon yang dapat digunakan untuk menentukan jenis fokus yang ingin digunakan (satu titik fokus, beberapa titik fokus, dkk), menampilkan garis panduan (guidelines), dan sebagainya.

Adapun di atas tombol shutter, terdapat alat pengukur untuk mengubah setelan dari beberapa elemen perekaman.

Baca juga: Video Musik Get Him Back Olivia Rodrigo Direkam dengan iPhone 15 Pro

Misalnya, zoom pada lensa, frame rate (frame per second/fps), shutter, aperture, durasi pengambilan video, ISO, WB (White Balance), warna tinta (umumnya terdiri dari wara hijau dan ungu), grafis warga RGB (Red, Green, Blue) di pojok kiri, dan masih banyak lagi.

Mengingat selama peluncuran Apple Event terdapat pengambilan gambar di lokasi berbeda, aplikasi ini tentunya memudahkan para kru untuk menyetel ulang pengaturan kameranya, menyesuaikan lokasi shooting yang diambil.

Salah satu foto behind the scenes (BTS) yang diambil di dalam ruanganApple Salah satu foto behind the scenes (BTS) yang diambil di dalam ruangan

Misalnya, di dalam ruangan yang didominasi warna kuning, warna ruangan yang didominasi warna abu-abu dan putih, luar ruangan yang umumnya lebih gelap, dan sebagainya.

Rasio video yang ditawarkan adalah 16:9, kru bsa mengambil footage secara horizontal ataupun vertikal.

Selain itu, Apple juga mengungkapkan bahwa Blackmagic Camera mendukung kontrol kamera film digital ke iPhone, serta mendukung pengkodean gambar “Apple Log” di iPhone 15 Pro Max.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com