Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda Samsung Galaxy A35 5G dan Galaxy A55 5G Segera Masuk Indonesia

Kompas.com - 05/02/2024, 15:01 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung tengah bersiap memboyong dua smartphone Galaxy A-Series terbarunya ke Indonesia. Kabarnya, kedua ponsel tersebut merupakan Galaxy A35 5G dan A55 5G, suksesor dari Galaxy A34 5G dan A54 5G yang meluncur tahun lalu.

Hal ini bisa disimpulkan karena ada dua ponsel misterius Samsung yang sudah muncul di halaman Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Seperti diketahui, ponsel yang muncul di laman ini biasanya akan meluncur di Indonesia dalam beberapa waktu ke depan.

Nah, kembali lagi ke dua ponsel misterius tadi, kedua perangkat tersebut masing-masing memiliki nama model "SM-A356E" dan "SM-A556E". Jika ditelusuri dari berbagai bocoran yang beredar di internet, kedua perangkat ini mewakili Samsung A35 dan A55.

Berdasarkan laman TKDN Kemenperin, kedua ponsel ini sudah mendukung konektivitas 5G dan sudah lolos uji TKDN dengan nilai 40,30 persen untuk Galaxy A35 dan 37,60 persen untuk Galaxy A55.

Tampilan laman sertifikat TKDN untuk kedua perangkat tersebut bisa dilihat dalam gambar di bawah ini.

Baca juga: Hasil Uji Kamera Samsung Galaxy S24 Ultra, Masih 200 MP tapi Lebih Bagus

Ilustrasi 2 ponsel misterius Samsung yang sudah mendapatkan sertifikat TKDN Kemenperin, diduga sebagai Galaxy A35 dan A55.TKDN Kemenperin Ilustrasi 2 ponsel misterius Samsung yang sudah mendapatkan sertifikat TKDN Kemenperin, diduga sebagai Galaxy A35 dan A55.
Kendati demikian Samsung Indonesia sendiri belum mengumbar informasi apapun terkait kedua perangkat tersebut.

Saat ini, mereka masih melakukan promosi terkait ponsel flagship terbarunya, yaitu Samsung Galaxy S24 Series, serta ponsel kelas menengah ke bawah Galaxy A15 Series.

Selain Galaxy A35 dan A55, Samsung juga kemungkinan akan meluncurkan dua perangkat baru lainnya di Indonesia, yaitu Samsung Galaxy Xcover 7 dan Galaxy Tab Active 5.

Pasalnya, kedua perangkat tersebut juga sudah terdaftar di laman TKDN Kemenperin dengan model "SM-G556B" (Galaxy Xcover 7) dan "SM-X306B" (Galaxy Tab Active 5). Kedua perangkat ini masing-masing memiliki nilai TKDN 36,20 persen dan 38,20 persen.

Nah, seperti namanya, kedua perangkat anyar Samsung yang sempat diperkenalkan di ajang Consumer Electronics Show (CES) Las Vegas pada awal Januari lalu ini merupakan perangkat Samsung yang tahan banting dan benturan.

Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy A35 5G dan A55 5G

Bocoran render menunjukkan bahwa Samsung A55 memiliki tombol daya dan pengeras suara yang lebih menonjol dibandingkan Samsung A54 sebelumnyaMy Smart Price Bocoran render menunjukkan bahwa Samsung A55 memiliki tombol daya dan pengeras suara yang lebih menonjol dibandingkan Samsung A54 sebelumnya

Seperti dikatakan sebelumnya, meski belum meluncur di Indonesia, bocoran spesifikasi Samsung A35 dan A55 sudah menyeruak di internet. Keduanya konon akan memiliki desain yang serupa dengan para pendahulunya.

Samsung Galaxy A35 5G kabarnya dibekali dengan layar Super AMOLED 6,6 inci dengan resolusi Full HD Plus dan refresh rate 120 Hz. Konon, di bagian atas layar, terdapat modul punch hole yang memuat kamera selfie 13 MP.

Baca juga: Edit Foto di Galaxy AI Samsung S24 series Diproses Online, Amankah?

Bocoran spesifikasi Samsung A35 5G lainnya mencakup tiga kamera belakang (utama, ultrawide, makro), chipset Exynos 1380, RAM 6 GB, baterai 5.000 mAh yang mendukung pengisian cepat 25 watt, serta sistem operasi Android 14 dengan tampilan antarmuka OneUI 6.

Kemudian untuk bocoran spesifikasi Samsung Galaxy A55 5G, ponsel ini disebut akan memiliki layar Super AMOLED 6,5 inci dengan resolusi Full HD Plus dan refresh rate 120 Hz. Di bagian tengah atas layar, terdapat modul punch hole yang memuat kamera selfie 32 MP

Spesifikasi Galaxy A55 5G lainnya konon meliputi chipset Exynos 1480, RAM 8 GB, tiga kamera belakang (utama, ultrawide, makro), hingga baterai 5.000 mAh yang mendukung pengisian cepat 25 watt

Belum ada informasi atau bocoran terkait harga kedua perangkat ini. Namun, harga Galaxy A35 5G dan A55 5G kemungkinan tak akan jauh berbeda dari pendahulunya.

Di Indonesia, Samsung Galaxy A34 5G dijual dengan harga termurah Rp 5 juta (8 GB/128 GB), sedangkan Samsung Galaxy A54 5G dijual dengan harga termurah Rp 6 juta (8 GB/128 GB).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com