Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Uji Kamera Samsung Galaxy S24 Ultra, Masih 200 MP tapi Lebih Bagus

Kompas.com - Diperbarui 05/02/2024, 06:08 WIB
Caroline Saskia,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber DxOMark

KOMPAS.com - DxOMark, situs benchmark pencitraan digital memublikasi ulasan lengkap disertai skor kamera dari smartphone teranyar Samsung, yaitu Samsung Galaxy S24 Ultra.

Sama seperti pendahulunya, Galaxy S24 Ultra dibekali kamera utama beresolusi 200 MP (f/1.7, OIS), kamera ultra wide 12 MP (f/2.2), kamera telefoto 10 MP (f/2.4, OIS, zoom optis 3x), dan kamera telefoto 50 MP (f/3.4, OIS, zoom optis 5x).

Walau konfigurasi kamera utamanya sama, DxOMark menemukan sejumlah peningkatan dari hasil gambar dan video yang diambil. Secara keseluruhan, skor kinerja kamera Samsung S24 Ultra adalah 144 poin, lebih tinggi dari pendahulunya yang memiliki skor 140 poin.

Baca juga: Video: Mengupas Kamera Baru dan Fitur AI Samsung Galaxy S24 Ultra

Dalam pengujian oleh DXO Mark, kamera 200 MP di Galaxy S24 Ultra  mampu menghasilkan tangkapan gambar yang lebih apik berkat fitur baru, yakni format Ultra HDR.

"Saat di lihat di layar yang sesuai (mendukung HDR), gambar-gambar HDR dari Samsung menawarkan brightness yang cerah dan enak dipandang, dengan exposure yang akurat," tulis DXOMark

DxOMark menguji coba kebolehan kamera Samsung Galaxy S24 Ultra. Hasil skornya tercatat sebesar 144 poin, lebih tinggi dari Galaxy S23 Ultra yang memiliki skor 140 poinDxOMark DxOMark menguji coba kebolehan kamera Samsung Galaxy S24 Ultra. Hasil skornya tercatat sebesar 144 poin, lebih tinggi dari Galaxy S23 Ultra yang memiliki skor 140 poin


Dibandingkan ponsel Galaxy S Ultra sebelumnya, para penguji DXOMark mencatat hasil jepretan Galaxy S24 Ultra terlihat memiliki warna lebih akurat, sekaligus kontras lebih natural di area terang alias highlights di gambar ketika dilihat di layar HDR.

Dalam beberapa kondisi, kamera Samsung memiliki rendering gambar yang lebih mulus ketimbang Galaxy S23 Ultra. Sebab, warna kulit dari subyek manusia yang dipotret tidak memiliki saturasi berlebih (oversaturated).

Baca juga: Megahnya Konser Coldplay di Singapura dalam Bidikan Samsung Galaxy S24 Ultra

Hanya saja, ketika memotret di dalam ruangan (indoor) atau kondisi yang minim cahaya, kamera ponsel anyar Samsung itu cenderung lebih kuning, alias warm dari biasanya dan memunculkan warna yang kurang akurat.

Kamera ultra wide lebih detail

Opsi zoom 10x masih tersedia di aplikasi kamera Galaxy S24 Ultra dan bisa langsung dipilih oleh penggunaKOMPAS.com/ ANTONIUS ADITYA MAHENDRA Opsi zoom 10x masih tersedia di aplikasi kamera Galaxy S24 Ultra dan bisa langsung dipilih oleh pengguna

Kamera ultra wide Samsung S24 Ultra memiliki bidang pandang (field of view, FoV) yang cukup lebar, yakni 120 derajat. Hasil gambar yang dipotret juga disandingkan dengan  salah satu kompetitornya, iPhone 15 Pro Max. Hasilnya tidak jauh berbeda.

Kamera ultra wide milik Samsung mampu memiliki warna dan tekstur yang tidak berlebihan, dan noise yang minim saat memotret suasana luar ruangan. Bedanya, hasil kamera Samsung lebih netral, sedangkan iPhone 15 Pro Max cenderung kuning (warm).

Kamera telefoto, salah satu yang terbaik

DxOMark juga menguji kebolehan dari dua kamera telefoto Samsung S24 Ultra. Hasilnya ternyata juga lebih bagus dibandingkan flagship terdahulu dari Samsung dan disebut sebagai salah satu perangkat terbaik dalam hal ini.

“Gambar memiliki tingkat detail yang tinggi, eksposur yang akurat, dan rentang dynamic range yang lebih luas ketimbang Galaxy S23 Ultra,” papar DxOMark, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Minggu (4/2/2024).

Baca juga: Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy S24 Plus dan S23 Plus, Apa Saja Peningkatannya?

Ketika disejajarkan kembali dengan hasil foto zoom iPhone 15 Pro Max, kamera Galaxy S24 Ultra memiliki tendensi lebih tinggi untuk mengurangi noise ketimbang kompetitornya.

Soal kamera depannya, Samsung S24 Ultra memiliki kemampuan preview alias rendering kamera dengan keakuratan lebih tinggi. Kamera depan bisa menangani situasi backlight dengan lebih baik, stabil, dan lebih mulus saat melakukan zoom in dan zoom out.

Aufokus di video lebih akurat

Penonton bisa memanfaatkan fitur Zoom 3x, 10x, 30x, dan space zoom 100x di HP Konser Samsung Galaxy S23 Ultra dan Galaxy S24 Ultra untuk mengabadikan konser Coldplay.Kompas.com/Galuh Putri Riyanto Penonton bisa memanfaatkan fitur Zoom 3x, 10x, 30x, dan space zoom 100x di HP Konser Samsung Galaxy S23 Ultra dan Galaxy S24 Ultra untuk mengabadikan konser Coldplay.

Beralih ke hasil video, kamera Samsung S24 Ultra bisa tetap stabil merekam, walau sedang memperbesar atau memperkecil gambar. 

Tingkat eksposur di video pun dapat dipertahankan dengan baik. Hanya saja, saat melakukan perbesaran, perpindahan ke modul kamera lain dapat mudah diketahui. DxOMark menemukan jeda dan perubahan kualitas gambar saat merekam video sambil melakukan pinching zoom.

Baca juga: Pilihan Warna Samsung Galaxy S24 Ultra, S24 Plus, dan S24 di Indonesia

Kendati begitu, jika dibandingkan dengan Galaxy S23 Ultra, fitur autofokus Samsung S24 Ultra jauh lebih baik. Kamera bisa mengunci fokus dengan lebih akurat, khususnya ketika merekam di luar ruangan atau tempat dengan pencahayaan yang cukup.

Tingkat noise di video lebih minim, sementara aspek warna, bokeh, dan tekstur video juga meningkat dibanding Galaxy S23 Ultra sebelumnya. Jika Anda tertarik membaca hasil ulasan DxOMark secara lengkap, silakan klik di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber DxOMark
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com