Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Upload File ke Link Google Drive Orang Lain lewat HP, Mudah dan Praktis

Kompas.com - Diperbarui 15/02/2024, 18:55 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna perlu mengetahui beberapa panduan dasar dalam mengoperasikan Google Drive di HP (handphone). Salah satunya seperti cara upload file ke link Google Drive orang lain lewat HP.

Sebagaimana cukup umum diketahui, Google Drive merupakan layanan penyimpanan berbasis Cloud yang dikembangkan oleh Google. Google Drive saat ini dapat diakses melalui berbagai perangkat, bukan hanya komputer, tetapi HP juga bisa.

Baca juga: 3 Cara Upload File ke Google Drive di Berbagai Perangkat dengan Mudah

Di HP, Google Drive tersedia dalam format aplikasi. Sama halnya jika diakses melalui desktop, pengguna juga bisa mengunggah dan menyimpan berbagai jenis file secara online di aplikasi Google Drive HP.

Dalam hal upload file ke Google Drive HP, pengguna dapat melakukannya langsung lewat halaman penyimpanan dari akun Google Drive miliknya sendiri.

Selain itu, pengguna sejatinya juga dapat upload file ke link Google Drive yang dibagikan orang lain. Google Drive tak hanya dapat dipakai sendiri oleh pengguna. Google Drive memungkinkan antar pengguna untuk berkolaborasi.

Lantas, bagaimana cara upload file ke link Google Drive orang lain lewat HP? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara upload file ke link Google Drive orang lain lewat HP dengan mudah dan praktis.

Cara upload file ke link Google Drive orang lain lewat HP

Cara upload file ke link Google Drive orang lain lewat HP itu cukup mudah. Setidaknya, terdapat dua langkah untuk bisa upload file ke link Google Drive orang lain lewat HP. Pertama, pengguna perlu memiliki link Google Drive yang bisa diedit bersama.

Baca juga: Cara Mengatasi Sync Issue yang Bikin Data Google Drive Mendadak Hilang

Setelah memiliki link tersebut, pengguna baru bisa upload file ke link Google Drive orang lain lewat HP. Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara upload file ke link Google Drive orang lain lewat HP adalah sebagai berikut.

Membuat dan membagikan link Google Drive yang bisa diedit bersama

  • Pertama-tama, pengguna perlu memiliki link Google Drive yang bisa diizinkan untuk diedit bersama. Cara membuat link bisa dilakukan dengan membuka aplikasi Google Drive di HP.
  • Setelah itu, buat folder baru untuk menampung unggahan file. Untuk membuat folder baru, klik ikon tambah dan pilih menu “Folder Baru”.
  • Setelah folder baru berhasil dibuat, klik ikon titik tiga yang berada di samping kanan folder tersebut.
  • Kemudian, pilih opsi “Bagikan” dan izinkan agar folder yang hendak dibagikan melalui tautan dapat diedit oleh orang lain.
  • Pengguna bisa menambahkan kontak tertentu untuk bisa mengedit folder Google Drive tersebut.
  • Selain itu, pengguna juga bisa membuat agar link yang dibuat bisa diakses siapa saja.
  • Setelah mengatur izin akses folder Google Drive, pengguna dapat klik opsi “Salin Link”.
  • Selanjutnya, link folder Google Drive itu dapat dibagikan.

Upload file ke link Google Drive orang lain

  • Setelah mendapat link Google Drive dari orang lain yang telah diizinkan untuk diedit bersama, pengguna bisa mulai upload file di sana.
  • Untuk upload file ke link Google Drive orang lain, pengguna bisa klik tautan tersebut.
  • Setelah itu, klik tombol plus dan pilih opsi “Upload”.
  • Kemudian, pilih file yang hendak diunggah ke folder Google Drive bersama.
  • Selanjutnya, proses pengunggahan bakal berjalan.

Cukup mudah bukan cara upload file ke link Google Drive orang lain lewat HP? Dengan cara di atas, pengguna bisa berkolaborasi mengedit file bersama pengguna lain di Google Drive, sehingga meningkatkan produktivitas.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara upload file ke link Google Drive orang lain lewat HP dengan mudah dan praktis, semoga bermanfaat.

Baca juga: Fitur Baru Google Drive di Android, Buka File PDF Jadi seperti Baca Buku

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com