Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elon Musk Orang Terkaya di Dunia, Mark Zuckerberg Salip Bill Gates

Kompas.com - Diperbarui 07/02/2024, 06:12 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Elon Musk, CEO sekaligus pendiri perusahaan transportasi luar angkasa SpaceX masih menjadi orang terkaya di dunia.

Mengutip laporan Bloomberg Billionaires Index per Selasa (6/2/2024), Elon Musk memimpin daftar orang terkaya dunia dengan total kekayaan 200 miliar dollar AS atau sekitar Rp 3.146 triliun.

Kekayaan Musk itu berasal dari aset pribadi Elon Musk di berbagai perusahaan termasuk di SpaceX, Tesla hingga X atau sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Sebenarnya, total kekayaan Elon Musk anjlok sekitar 24 miliar dollar AS pada tahun ini. Sebab, saham Tesla belakangan ambles sampai 24 persen, sehingga memengaruhi total kekayaan Musk. Meski begitu, dia masih tercatat sebagai orang terkaya dunia.

Selain Elon Musk, 5 orang terkaya dunia yang dirangkum Bloomberg juga diisi oleh sosok ternama di industri teknologi. Beberapa di antaranya yaitu pendiri Amazon, Jeff Bezoss serta pendiri Microsoft, Bill Gates.

Baca juga: Saat Elon Musk Umumkan Prestasi Tanam Chip di Otak Manusia

Hanya ada satu orang di luar industri teknologi yang masuk dalam daftar 5 orang terkaya dunia, yaitu Bernard Arnault, Chairman dan CEO perusahaan barang mewah Louis Vuitton Moet Hennessy (LVMH).

Menariknya, CEO Meta, Mark Zuckerberg (Zuck) melampaui posisi Bill Gates sebagai orang terkaya keempat. Sebab, saham Meta belakangan naik sampai 22 persen, sehingga turut mendorong pertambahan kekayaan bos Facebook, WhatsApp dan Instagram tersebut, dihimpun KompasTekno dari NDTV, Selasa (6/2/2024).

Total kekayaan Zuck saat ini diperkirakan sekitar 165 miliar dollar AS (sekitar Rp 2.595 triliun), mayoritas berasal dari aset Zuck di Meta. Jumlah ini lebih tinggi dibanding Bill Gates, sebesar 145 miliar dollar AS (sekitar Rp 2.280 triliun). Berikut daftar lima orang terkaya dunia versi Bloomberg.

5 Orang terkaya di dunia versi Bloomberg

  1. Elon Musk - 200 miliar dollar AS (sekitar Rp 3.146 triliun)
  2. Jeff Bezos - 195 miliar dollar AS (sekitar Rp 3.066 triliun)
  3. Bernard Arnault - 185 miliar dollar AS (sekitar Rp 2.909 triliun)
  4. Mark Zuckerberg - 165 miliar dollar AS (sekitar Rp Rp 2.595 triliun)
  5. Bill Gates - 145 miliar dollar AS (sekitar Rp 2.280 triliun)

Elon Musk sempat lengser dari takhta

Elon Musk dalam beberapa tahun ini terus menjadi orang terkaya di dunia versi Forbes maupun Bloomberg. Namun pada akhir tahun 2022, Musk sempat lengser dari takhtanya, khususnya menurut daftar orang terkaya versi Forbes.

Menurut catatan Forbes, karena kekayaan Musk saat itu anjlok, sehingga gelar orang terkaya di dunia pada akhir tahun 2022 jatuh ke tangan orang lain.

Berdasarkan daftar "The Real-Time Billionaires" Forbes Desember 2022, Musk berada di posisi kedua sebagai orang terkaya di dunia dengan aset mencapai 181,3 miliar dolar AS (sekitar Rp 2.852 triliun).

Baca juga: Nilai X Twitter Terus Anjlok sejak Dibeli Elon Musk

Angka itu lebih kecil dibanding nilai kekayaan yang dimiliki Bernard Arnault, yang tercatat memiliki aset senilai 186,2 miliar dolar AS (sekitar Rp 2.928 triliun) pada periode yang sama.

Sebelum turun ke posisi kedua, kekayaan Musk dicatat Forbes berada di angka 188,7 miliar dolar AS (sekitar Rp 2.968 triliun), sehingga saat itu nilai kekayaannya turun sekitar 3,91 persen atau 7,4 miliar dolar AS (sekitar Rp 116 triliun).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com