Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Ultah Ke-20, Mark Zuckerberg Nostalgia Pasang PP Jadul

Kompas.com - 05/02/2024, 09:45 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Facebook merayakan ulang tahun yang ke-20 pada Minggu, 4 Februari 2024.

Pendiri Facebook sekaligus CEO Meta, Mark Zuckerberg, pun bernostalgia dengan mengganti foto profil (profile picture/PP) Instagramnya dengan foto lawas.

Foto dengan latar merah itu merupakan foto yang diambil di asrama kampus Harvard pada 2005, setahun setelah Facebook resmi lahir. Bos Meta ini memang diketahui awalnya menciptakan, meluncurkan, dan menjalankan Facebook dari kamar asramanya di Kirkland House, Cambridge, AS.

Masih dalam nuansa nostalgia, Zuckerberg juga mengunggah beberapa posting di akun media sosial pribadinya @zuck. Ia merasa perjalanan Facebook (sekarang Meta) ini berlalu dengan sangat cepat.

"20 tahun yang lalu saya meluncurkan "sesuatu" (Facebook). Sepanjang perjalanan, banyak orang luar biasa bergabung dan kami membangun beberapa hal menakjubkan lainnya," tulis Zuck, panggilan akrab Bos Meta.

Baca juga: Cara Mengaktifkan FB Pro buat Dapat Uang dari Facebook, Lagi Ramai di Medsos

Hal menakjubkan yang dimaksud Zuckerberg merujuk pada Instagram, WhatsApp, hingga produk seperti headset VR Meta Quest dan kacamata pintar Meta Ray Ban.

"Kami masih melakukannya dan momen terbaik masih akan datang," tulis Zuck.

Caption itu ditulis Zuck untuk posting Instagram Reels yang mengikuti tren "i have a feeling this is going to go by really fast" yang ramai di media sosial. Tren ini menunjukkan evolusi orang kesayangan atau hewan peliharaan yang tumbuh dengan sangat cepat.

Dalam IG Reels berdurasi 23 detik, Zuck menampilkan kumpulan klip video dan foto dari momen bersejarah Facebook.

Mulai dari foto tampilan awal Facebook, foto Zuck di asrama kampus Harvard pada 2005,foto-foto di kantor lawas, foto pacaran (kini menikah) dengan Priscilla Chan, momen Facebook mencaplok Instagram dan WhatsApp, IPO Facebook, momen Zuck akhirnya wisuda, hingga produk "metaverse" terbaru seperti headset VR Meta Quest dan kacamata pintar Meta Ray Ban.

Reels itu ditutup dengan potongan wawancara lawas Zuck saat Facebook mulai berjaya, yang mengatakan bahwa "saat pertama diluncurkan, kami hanya mengharapkan mungkin 4.000-5.000 pengguna. Sekarang, kami punya ratusan ribu. Jadi, siapa yang tahu kami akan menjadi seperti apa ke depannya?".

Baca juga: Sejarah Perjalanan Facebook, dari Kamar Asrama Menghubungkan Dunia

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Mark Zuckerberg (@zuck)

Masih dalam rangka HUT ke-20 Facebook, Zuck juga mengunggah foto lawas dirinya di depan komputer serta foto dirinya di masa kini di depan laptop. Foto ini diberi caption "20 tahun berlalu. Masih melakukannya."

Di Instagram Stories, Zuckerberg juga memulai tren "add yours" yang menunjukkan foto awal di Facebook. Ia memilih mengunggah foto dirinya yang menggunakan jaket Harvard di kamar asrama dengan tembok merah.

Baca juga: 20 Tahun Facebook, Ini 10 Fakta Unik yang Jarang Diketahui

Sejarah TheFacebook

Tampilan awal Facebook menggunakan wajah aktor Al Pacino sebagai logonya.Business Insider Tampilan awal Facebook menggunakan wajah aktor Al Pacino sebagai logonya.
Sejarah Facebook dibuat oleh Mark Zuckerberg (23), yang dulu merupakan mahasiswa Harvard. Tapi Zuck tak sendirian, dia dibantu oleh empat teman sekamarnya di asrama kampus Harvard tempatnya berkuliah, Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes.

Saat diluncurkan pada Februari 2004, Zuck menamai situs ini sebagai "Thefacebook" yang beralamat di thefacebook.com. Nama ini terinspirasi dari direktori informasi dan foto mahasiswa Harvard dengan nama yang sama, yakni "face book".

Baca juga: Cara Memutuskan Hubungan Akun Instagram dengan Facebook, Mudah dan Praktis

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com