Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TWS Itel S9 Pro Meluncur dengan AI Peredam Bising

Kompas.com - 07/02/2024, 08:32 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pabrikan smartphone Itel resmi meluncurkan earphone true wireless stereo (TWS) Itel S9 Pro di pasar India, Senin (5/2/2024). Ini merupakan earbuds terbaru Itel setelah Itel Roar 75 yang dirilis pada Desember 2023 lalu.

Itel S9 Pro mengunggulkan fitur Environmental Noise Cancellation (ENC) berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Teknologi ini secara efektif mengurangi kebisingan di lingkungan sekitar pengguna, sehingga kualitas suara dalam panggilan telepon makin jelas. Kejelasan suara dalam panggilan telepon juga dibantu oleh konfigurasi dua mikrofon yang dimiliki Itel S9 Pro.

Baca juga: Itel P55 Resmi di Indonesia, HP 5G Harga Rp 1 Jutaan

Masih soal audio, Itel S9 Pro dibekali driver bass boost 10 mm yang diklaim memberikan audio dengan bas yang jernih, sehingga pengalaman mendengarkan musik menjadi lebih hidup (immersive).

Itel S9 Pro turut dilengkapi mode latensi rendah 45 ms, yang memungkinkan pengguna mendengarkan suara secara lebih cepat.

Dengan kata lain, fitur ini sangat cocok bagi pengguna yang suka bermain game shooter seperti Call of Duty atau Valorant.

Pengguna bisa mendeteksi lokasi musuh secara cepat berdasarkan langkah kaki mereka dan menerka senjata apa yang digunakan musuh berdasarkan suara tembakannya.

Earbuds terbaru Itel ini juga mengunggulkan baterai charging case berkapasitas 400 mAh, dengan masing-masing earphone dilengkapi oleh baterai 40 mAh.

Baterai Itel S9 Pro diklaim dapat bertahan hingga 40 jam. Earbuds bisa digunakan hingga 100 menit setelah dayanya diisi selama 10 menit via port USB-C.

TWS Itel S9 Pro meluncur di pasar IndiaItel India TWS Itel S9 Pro meluncur di pasar India
Beralih ke segi desain, Itel S9 Pro memiliki desain in-ear, sehingga earbuds akan diposisikan di dekat kanal telinga. Ini berbeda dari earbuds Itel Roar 75 yang mengadopsi desain open-ear, sehingga earphone tidak menutupi keseluruhan kanal telinga.

In-ear earbuds menawarkan bas yang lebih dalam dan minim kebisingan suara, sedangkan open-ear earbuds lebih cocok bagi pengguna yang ingin mendengarkan musik sambil berinteraksi dengan orang lain.

Baca juga: 5 Tips Merawat TWS yang Benar agar Tahan Lama

Spesifikasi Itel S9 Pro lainnya mencakup sertifikasi anti air dengan rating IPX5, dukungan fungsionalitas sentuh, dan konektivitas Bluetooth 5.3. Konektivitas Bluetooth ini disebut memberikan pengalaman mendengarkan audio yang mulus tanpa ada lag.

Terakhir, earphone juga mendukung deteksi telinga pengguna dan fitur aktivasi suara.

Harga Itel S9 Pro

Itel S9 Pro sudah bisa dibeli secara offline di India lewat berbagai peritel di negara tersebut. Earphone TWS ini tersedia dalam dua varian warna, yakni Nebula Black dan Dark Blue.

Untuk Nebula Black, gagang Itel S9 Pro memiliki warna hitam sedangkan bagian earbuds-nya dibalut dengan warna biru.

Sementara itu, varian Dark Blue menghadirkan gagang earbuds berwarna biru gelap, dengan earbuds yang dikemas dengan warna hijau muda.

Harga Itel S9 Pro dibanderol 799 Rupee atau setara Rp 151.349. Jadi, Itel S9 Pro memang menargetkan pengguna dengan bujet yang lebih hemat, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GizmoChina, Rabu (7/2/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com