Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Peluncuran Cincin Pintar Galaxy Ring, Dirilis Tahun Ini?

Kompas.com - 07/02/2024, 09:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung mengungkap keberadaan Galaxy Ring dalam ajang Galaxy Unpacked 2024 pada 18 Januari lalu.

Samsung memutar video singkat yang mengungkap tampang Galaxy Ring. Namun, ketika itu, Samsung tidak mengumbar detail apapun soal Galaxy Ring, termasuk soal detail spesifikasi, fitur, jadwal rilis, dan harga cincin ini.

Selang hampir 3 minggu sejak Galaxy Unpacked digelar, salah satu eksekutif Samsung akhirnya mengungkap kemungkinan jadwal rilis Galaxy Ring di pasar global.

Menurut Global Head of B2B Wearable/IoT/Accessory PM di Samsung Electronics, Mobile, Daniel Seung Lee, Galaxy Ring bakal hadir pada semester kedua tahun ini atau dalam kurun waktu Juli hingga Desember 2024.

Hal itu diungkap Lee dalam sebuah posting di LinkedIn pribadinya.

"Produk baru yang dapat dipakai untuk kesehatan & kebugaran di paruh kedua. Tolong, pantau terus," tulis Lee lengkap dengan tagar #GalaxyRing dan #SmartRing.

Baca juga: Samsung Kasih Kejutan di Galaxy Unpacked 2024, Ada Galaxy Ring

Kalimat tersebut ditulis Lee untuk mengomentari posting video pengenalan Galaxy Ring di Galaxy Unpacked bulan lalu.

Pantauan KompasTekno, Selasa siang sekitar pukul 11.00, komentar Lee masih bisa diakses di halaman LinkedIn, seperti gambar di bawah. Namun, saat berita ini tayang, komentar Lee sudah hilang tanpa diketahui alasannya.

Tangkapan layar eksekutif Samsung mengungkap Galaxy Ring bakal hadir pada semester kedua (Juli-Desember) 2024.PhoneArena Tangkapan layar eksekutif Samsung mengungkap Galaxy Ring bakal hadir pada semester kedua (Juli-Desember) 2024.
Bocoran Fitur Galaxy Ring

Ketika di acara Galaxy Unpacked, Digital Health Samsung Research, Matthew Wiggins mengatakan bahwa Galaxy Ring adalah sebuah cincin pintar yang dibekali dengan berbagai fitur yang biasa ditemui di aplikasi Samsung Health.

"Hari ini, kami membawa beragam fitur Samsung Health ke form factor atau bentuk yang baru dan berbeda," ujar Wiggins dalam acara peluncuran Galaxy Unpacked 2024 di San Jose.

"Inilah Galaxy Ring, perangkat yang kami ciptakan untuk kehidupan yang lebih baik, serta perangkat untuk mengakses beragam fitur kesehatan ala Samsung di masa depan," imbuh Wiggins.

Galaxy Ring diyakini bakal memiliki fitur-fitur Samsung Health sehingga berperan sebagai alat perekam kesehatan dan aktivitas olahraga pengguna. Mungkin seperti rekam detak jantung atau jumlah langkah, yang akan bisa dipantau di aplikasi Samsung Health.

Berdasarkan pengajuan paten yang pertama kali dilaporkan oleh outlet Korea Naver, cincin tersebut mungkin menawarkan cukup banyak pelacakan kesehatan.

Pengajuan tersebut mengindikasikan bahwa Galaxy Ring mengintegrasikan sensor EKG dan PPG.

Artinya, kemungkinan cincin pintar bikinan Samsung ini bakal memiliki kemampuan untuk melakukan pengukuran detak jantung dan memantau suhu. Tak menutup kemungkinan Galaxy Ring juga bisa melacak tidur penggunanya.

Baca juga: Apa Itu Samsung Galaxy Ring yang Jadi Kejutan di Galaxy Unpacked 2024?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com