Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menonaktifkan Saran Akun di Instagram

Kompas.com - 11/02/2024, 16:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Fitur saran akun pengikut Instagram biasanya muncul di beranda Instagram. Saran akun ini biasanya muncul karena algoritma otomatis Instagram. Apabila sistem mendeteksi bahwa Anda dan pengguna lain memiliki banyak teman yang sama, maka sistem akan menyarankan Anda untuk mengikuti mereka.

Saran akun Instagram ini biasanya muncul saat pengguna sedang menjelajah konten-konten di Instagram. Namun tak jarang fitur saran akun ini menjadi satu hal yang kurang nyaman bagi sebagian pengguna.

Lantas bagaimana jika pengguna tidak ingin melihat saran akun di beranda Instagramnya? Untuk hal ini pengguna bisa menonaktifkannya. Lantas bagaimana caranya? Selengkapnya berikut ini tutorial cara menonaktifkan saran akun di Instagram.

Baca juga: Instagram Kini Ingatkan Pengguna Istirahat Saat Malam

Cara menonaktifkan saran following/followers di Instagram

Ilustrasi cara menonaktifkan akun saran di InstagramKompas.com/soffyaranti Ilustrasi cara menonaktifkan akun saran di Instagram

  • Buka akun Instagram Anda
  • Buka profil dan pilih menu garis tiga vertikal di pojok kanan atas
  • Pilih “Notifikasi”
  • Klik “Mengikuti dan Pengikut”
  • Pada bagian “Saran akun” klik “Nonaktif”
  • Nantinya notifikasi dengan kalimat “Orang yang mungkin Anda kenal, ada di Instagram,” dan notifikasi serupa tidak akan tampil lagi

Bagaimana cara menghapus akun Instagram dari saran saya?

Jika Anda merasa kurang nyaman dengan satu akun tertentu yang tidak dapat berhenti muncul di “akun yang disarankan” di Instagram Anda, Anda dapat menghapusnya dari daftar.

Caranya cukup mengklik ikon “X” pada bagian akun yang disarankan untuk Anda. Apabila terdapat beberapa akun yang disarankan, Anda bisa mengklik “Lihat semua” dan mengklik seluruh ikon “X” yang pada akun yang disarankan.

Baca juga: Cara Pakai Template Instagram Reels buat Bikin Video Rekap 2023

Demikian cara menonaktifkan saran akun di Instargram. Selamat mencoba dan semoga membantu.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com