Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Rilis Fitur "Cutouts", Bisa Bikin Stiker Bergerak dari Video

Kompas.com - 13/02/2024, 10:04 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi jejaring media sosial milik Meta, Instagram (IG) merilis fitur baru bernama Cutouts. Fitur ini memungkinkan pengguna membuat stiker bergerak dari video. Stiker ini nantinya bisa digunakan di Instagram Story atau Reels.

Stiker bergerak tersebut berformat Graphics Interchange Format alias GIF. Kehadiran fitur pembuat stiker bergerak dari video ini diketahui oleh seorang pengguna media sosial Threads bernama Jonah Manzano.

Ketika membuka Instagram Story, ia menemukan menu "Cutouts" yang kini dilengkapi tulisan "Turn photos or videos into stickers to use in reels and stories. They'll be saved here" (Ubah foto atau video menjadi stiker untuk digunakan di reels dan stories. Stiker akan disimpan di menu ini).

Dengan fitur Cutouts Instagram, pengguna kini bisa membuat stiker dari videoThreads Dengan fitur Cutouts Instagram, pengguna kini bisa membuat stiker dari video
Manzano pun mengunggah videonya yang ingin diubah menjadi stiker. Pengguna bisa memotong durasi video tersebut, kemudian Instagram secara otomatis akan melakukan crop subjek atau objek utama dalam video tersebut menjadi sebuah stiker.

Baca juga: Arti Ikon Kunci di Pojok Kanan Bawah di Profil Instagram

Seperti stiker foto, stiker video ini nantinya bisa digunakan sesuka hati di Instagram Story dan Instagram Reels pengguna. Jadi, pengguna memiliki lebih banyak cara untuk berkreasi dan mengekspresikan diri.

Dengan fitur Cutouts Instagram, pengguna kini bisa membuat stiker dari videoThreads Dengan fitur Cutouts Instagram, pengguna kini bisa membuat stiker dari video
Pengguna juga bisa membuat stiker dari video yang dibuat oleh kreator lain. Akan tetapi, kreator tersebut harus mengepos videonya secara publik, dan mereka juga mesti mengaktifkan izin agar pengguna bisa membuat stiker dari video itu.

Izin tersebut diaktifkan secara default. Namun, kreator bisa menonaktifkannya agar pengguna lainnya tidak lagi membuat stiker dari video yang dibuat.

Catatan lainnya, jika kreator tersebut menghapus postingnya, stiker Instagram yang sudah dibuat pengguna juga akan dihapus secara otomatis, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Social Media Today, Selasa (13/2/2024).

Sudah bisa digunakan di Indonesia

Fitur Cutouts terbaru Instagram juga sudah hadir di Indonesia. Pantauan KompasTekno, ponsel Android kami dengan Instagram versi terbaru (317.0.0.34.109) sudah kebagian fitur Cutouts video untuk membuat stiker bergerak ini.

Bagi pengguna yang sudah mendapatkan fitur baru Instagram, berikut ini KompasTekno bagikan cara membuat Cutouts video:

Cara menggunakan Cutouts Instagram untuk membuat stiker bergerak dari videoKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Cara menggunakan Cutouts Instagram untuk membuat stiker bergerak dari video

  • Buat Instagram Story atau Instagram Reel baru
  • Pilih foto atau video utama yang ingin diunggah
  • Ketuk ikon "Stickers" yang terletak di bagian atas aplikasi, lalu pilih menu "Cutouts"
  • Cari foto atau video dengan subjek atau objek yang jelas, untuk disulap menjadi stiker
  • Potong durasi video hingga menjadi 1-6 detik, lalu ketuk "Next"
  • Instagram akan secara otomatis memilih fokus objek yang dijadikan stiker, tetapi pengguna bisa memilih objek lain dengan mengetuk "Select Manually"
  • Pilih "Create Sticker" jika sudah selesai memodifikasinya
  • Stiker bergerak pun berhasil dibuat, dan bisa digunakan berulang kali lewat menu "Stickers"

Bagi pengguna yang belum mendapatkan fitur Cutouts, pastikan sudah memperbarui aplikasi Instagram ke versi terbaru. Cek Instagram Story dan Instagram Reel secara berkala untuk melihat ketersediaan fitur tersebut.

Rilis fitur Flipside

Instagram baru-baru ini juga telah merilis fitur Flipside. Dengan fitur ini, pengguna bisa membuat profil khusus atau profil baru yang lebih privat, sehingga mewadahi pengguna yang ingin menampilkan sisi lain dirinya dengan privasi yang tetap terjaga.

Baca juga: Kenapa Muncul Notifikasi Feedback Required Saat Login di Instagram Browser? Begini Cara Mengatasinya

Pengoperasian Flipside Instagram mirip seperti second account. Perbedaannya, pengguna tak perlu membuat akun baru untuk menampilkan profil yang berbeda.

Jika ingin beralih ke profil privat atau profil sekunder, pengguna hanya perlu menggantinya dengan sekali klik tombol baru yang terletak di kanan bawah profil.

Di profil Flipside IG, pengguna dapat menambahkan nama profil, bio, dan foto profil tersendiri yang berbeda dari profil utama. Misalnya, di profil utama, pengguna memiliki nama profil “Joko”. Di profil Flipside IG, pengguna bisa menambahkan nama profil baru menjadi “Jeni”.

Selain itu, di profil Flipside IG, pengguna juga bisa mengunggah Story, Feed, dan Reels secara terpisah dari profil utama. Jadi, setiap konten yang diunggah pada profil Flipside tak akan tampil di profil utama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com