Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Instagram Kini Bisa Posting Video Selfie di IG Notes

Kompas.com - 15/12/2023, 07:00 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram (IG) kini menambah fitur baru untuk Instagram Notes. Pengguna IG kini tidak hanya dapat mengunggah teks, emoji, dan musik saja, tetapi juga video selfie

Kehadiran fitur baru di IG Notes ini sebenarnya sudah diumumkan oleh CEO Instagram Adam Mosseri lewat akun pribadi Threads-nya (handle @mosseri) beberapa waktu lalu.

Hanya saja kala itu, fitur tersebut masih bersifat uji coba dan digelontorkan untuk sebagian pengguna. Kini fitur mengunggah video selfie di IG Notes sudah bisa dicoba di Indonesia.

Notes sendiri adalah fitur untuk mengunggah posting status sederhana yang berisikan teks dan emoji dengan jumlah maksimal 60 karakter.

Posting tersebut juga bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu tertentu seperti Instagram Story. Bedanya, fungi Notes lebih terbatas ketimbang Instagram Story.

Pantauan KompasTekno, Jumat (15/12/2023), ketika ingin membuat status baru di Instagram Notes, akan muncul jendela baru bertuliskan “Capture the moment with a video note”.

“Buatlah video pendek berulang ke dalam note Anda selama 24 jam,” tulis Instagram.

Baca juga: Video Lama di Instagram Hilang Suaranya? Ini Sebabnya

Tampilan fitur baru dari Instagram Notes yang bernama Video Notes. Fitur ini memungkinkan pengguna mengunggah video selfie maksimal 2 detik (looping video)KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Tampilan fitur baru dari Instagram Notes yang bernama Video Notes. Fitur ini memungkinkan pengguna mengunggah video selfie maksimal 2 detik (looping video)
Lewat fitur baru ini, unggahan di Instagram Notes menjadi lebih interaktif dari sebelumnya. Video selfie yang diunggah memiliki durasi maksimal dua detik (video looping).

Pengguna juga diberi kontrol untuk menentukan siapa saja akun yang diperbolehkan melihat Notes yang diunggah.

Pengaturan kontrol akan terletak tepat di bawah layar, setelah pengguna melakukan selfie. Opsi yang tersedia adalah khusus teman dekat (Close Friends) atau followers yang sudah di-follow balik.

Fitur Video Notes ini hanya dapat mengaktifkan kamera depan, tidak ada opsi untuk pindah atau mengaktifkan kamera belakang. Maka dari itu, konten yang diunggah, untuk saat ini, hanyalah konten selfie.

Setelah merekam video looping selama dua detik, pengguna Instagram bisa menambahkan elemen teks sederhana maksimal 60 karakter, emoji, hingga potongan musik/lagu selama 30 detik.

Video Notes yang diunggah akan menggantikan foto profil di Instagram sementara waktu. Hanya akun-akun yang terpilih saja yang bisa melihat perubahan tersebut. Nah, teman atau pengikut lain yang melihat Video Notes Anda yang dapat memberi reaksi.

Kendati demikian, cara kerja dari fitur ini serupa dengan format postingan sebelumnya. Ketika mengunggah video selfie di Instagram Notes, konten yang dibagikan juga hanya bertahan selama 24 jam, kemudian hilang.

Baca juga: Meta Kembali Pisahkan Chat Messenger dan Instagram

Jadi lebih interaktif

Instagram menambah cara baru untuk memberi reaksi terhadap postingan Instagram Notes, seperti foto, video, GIF, stiker, hingga audio.Social Media Today Instagram menambah cara baru untuk memberi reaksi terhadap postingan Instagram Notes, seperti foto, video, GIF, stiker, hingga audio.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com