Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy XCover 7 dan Tab Active 5 Segera Masuk Indonesia?

Kompas.com - 14/02/2024, 06:59 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung tampaknya bakal segera memboyong dua gadget tangguh terbarunya, yaitu smartphone Samsung Galaxy XCover 7 dan tablet Samsung Galaxy Tab Active 5 ke Indonesia.

Kedua perangkat tangguh ini pertama kali diumumkan di pameran elektronik Consumer Electronics Show (CES) 2024, yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat pada awal Januari lalu.

Disebut tangguh karena keduanya didesain untuk membantu pengguna bekerja atau beraktivitas di luar ruangan, khususnya dalam kondisi ekstrem. Contoh pengguna yang memanfaatkan gawai tangguh (rugged) adalah pekerja tambang dan konstruksi.

Daya tahan tinggi Samsung Galaxy XCover 7 dan tablet Samsung Galaxy Tab Active 5 dibuktikan melalui sertifikasi MIL-STD-810H, yang menunjukkan bahwa perangkat ini lolos uji ketangguhan lingkungan kerja yang ekstrem, dan tahan benturan hingga ketinggian 1,5 meter.

Keduanya juga dibekali sertifikasi IP68 yang membuat perangkat tahan dari debu, pasir maupun air, ketika terendam di kedalaman hingga satu meter selama 30 menit.

Baca juga: HP dan Tablet Tangguh Samsung Galaxy XCover 7 dan Tab Active 5 Meluncur

Lolos TKDN dan Postel

Smartphone Samsung Galaxy XCover 7 dan tablet Samsung Galaxy Tab Active 5 terdaftar di Postel dan lolos TKDN. Ini mengindikasikan keduanya siap dipasarkan di Tanah Air.TKDN dan Postel Smartphone Samsung Galaxy XCover 7 dan tablet Samsung Galaxy Tab Active 5 terdaftar di Postel dan lolos TKDN. Ini mengindikasikan keduanya siap dipasarkan di Tanah Air.
Indikasi Galaxy XCover 7 dan Galaxy Tab Active 5 segera hadir di Indonesia terendus karena keduanya sudah terdaftar di situs sertifikasi Postel Ditjen SDPPI Kemenkominfo dan TKDN Kementerian Perindustrian.

Pantauan KompasTekno, Rabu (14/2/2024), di laman Postel, keduanya terdaftar dalam dua sertifikasi berbeda, yakni sertifikat 97253/SDPPI/2024 yang diterbitkan pada 7 Februari 2024 dan 97318/SDPPI/2024 pada 12 Februari 2024. Keduanya sama-sama didaftarkan oleh PT Samsung Electronics Indonesia.

Dua sertifikat tersebut merinci perangkat bernomor model SM-G556B dan SM-X306B. Laman Postel mengungkap, perangkat SM-G556B memiliki nama pemasaran "Samsung Galaxy X Cover 7", sedangkan perangkat SM-X306B adalah model "Samsung Galaxy Tab Active 5".

Kedua perangkat ini juga sudah lolos TKDN yang memiliki batas minimum nilai 35 persen.

Smartphone SM-G556B "Samsung Galaxy X Cover 7" lolos dengan nilai TKDN 36,2 persen. Semenatara tablet SM-X306B "Samsung Galaxy Tab Active 5" lolos TKDN dengan nilai 38,2 persen.

Dari laman TKDN, diketahui bahwa keduanya kompak mendukung konektivitas 5G.

Sertifikasi Postel Kemenkominfo dan TKDN merupakan dua syarat untuk perangkat elektronik bisa dipasarkan di Indonesia. Karena sudah memenuhi keduanya, Samsung Galaxy XCover 7 dan tablet Samsung Galaxy Tab Active 5 kemungkinan besar siap untuk dipasarkan di Indonesia.

Meski begitu, Samsung belum mengumumkan jadwal peluncuran dua perangkat tangguh ini di Indonesia. Namun, sebagai gambaran, kita bisa menilik spesifikasi smartphone Samsung Galaxy XCover 7 dan tablet Samsung Galaxy Tab Active 5 berikut ini.

Baca juga: Samsung Perkenalkan Jajaran Memory Card Tangguh, Anti-air dan Anti-jatuh

Spesifikasi Samsung Galaxy XCover 7

Samsung Galaxy XCover 7GizmoChina Samsung Galaxy XCover 7
Samsung Galaxy XCover 7 merupakan suksesor dari Samsung Galaxy XCover 6 Pro yang dirilis pada Juni 2022 lalu.

Samsung XCover 7 mengusung layar TFT 6,6 inci dengan resolusi Full HD Plus, refresh rate 60 Hz, dan rasio aspek 20:9.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com