Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aplikasi Scanner Dokumen untuk iPhone dan HP Android Tanpa Watermark dan Gratis

Kompas.com - Diperbarui 16/02/2024, 08:27 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi scanner dokumen di hp merupakan aplikasi yang memungkinkan Anda menggunakan kamera smartphone untuk mengambil gambar dokumen dan mengonversinya menjadi file digital.

Aplikasi semacam ini biasanya menawarkan fitur-fitur seperti pemotretan cepat, penyesuaian kontras, pemotongan gambar, dan penyimpanan dalam berbagai format file (seperti PDF atau gambar JPEG).

Aplikasi scanner dipilih banyak pengguna untuk memindai berbagai dokumen penting, seperti KTP, Ijazah, dan lainnya untuk berbagai keperluan. Dibanding menggunakan mesin printer, aplikasi scanner lebih praktis dan cepat.

Nah bagi Anda yang sedang mencari berbagai aplikasi scanner untuk iPhone dan HP Android, selengkapnya berikut ini beberapa aplikasi scanner yang bisa dicoba.

Baca juga: Pengertian Scanner, Fungsi, dan Jenis-jenisnya

Notes (iOS)

Notes iPhoneWIRED Notes iPhone

Bagi pengguna iPhone tak perlu repot mengunduh aplikasi scanner, ini karena terdapat salah satu aplikasi bawaan dari iPhone yaitu Notes. Notes berguna untuk mencatata berbagai catatan digital di HP, namun terdapat fitur kamera yang bisa Anda gunakan untuk memindai dokumen. Berikut ini caranya:

  • Buka aplikasi Notes di iPhone Anda
  • Klik ikon catatan di kanan bawah
  • Pilih ikon kamera
  • Pilih “Scan Documents”
  • Selanjutnya arahkan kamera pada dokumen untuk proses memindai
  • Setelah memindai dokumen, simpan gambar ke galeri

Adobe Scan

Adobe ScanGoogle Play Store Adobe Scan

Aplikasi ini dikembangkan oleh Adobe dan memungkinkan Anda mengonversi gambar dokumen menjadi file PDF yang dapat dicari. Adobe Scan juga memiliki fitur OCR (Optical Character Recognition) untuk mengenali teks dalam gambar.

Adobe Scan bisa diunduh di Google Play Store (Android) atau App Store (iOS) secara gratis. Aplikasi ini juga telah diunduh sebanyak 100 juta kali dan memiliki rating 4.8 di Play Store dan 4.9 di App Store.

CamScanner

camscanner Android Authority camscanner

CamScanner adalah aplikasi scanner dokumen yang populer dengan berbagai fitur seperti pemotongan gambar, peningkatan kontras, dan kemampuan untuk menggabungkan beberapa gambar menjadi satu file PDF.

Aplikasi ini juga bisa diunduh secara gratis di Google Play Store (Android) dan App Store (iOS). CamScanner memiliki rating 100 juta kali unduhan dan rating 4.8 hingga 4.9.

Microsoft Office Lens

Microsoft Office LensPlay Store Microsoft Office Lens

Aplikasi ini memungkinkan Anda memotret papan tulis, dokumen, atau kartu nama, dan mengonversinya ke dalam file PDF, Word, atau PowerPoint. Microsoft Office Lens dapat diintegrasikan dengan berbagai layanan Microsoft.

Microsoft bisa diunduh secara gratis di Google Play Store (Android) atau App Store (iOS). Aplikasi ini telah diunduh 10 juta kali dengan rating 4.9.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com