Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencoba Kamera Realme 12 Pro Plus, Bisa Zoom 120x dan Portrait 3x

Kompas.com - 19/02/2024, 15:23 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Realme 12 Pro Plus dipastikan akan masuk Indonesia pada 29 Februari ini. Smartphone kelas menengah ini sudah lebih dulu dirilis secara global beberapa waktu lalu di India.

Nah, sebelum dirilis resmi di Indonesia, KompasTekno berkesempatan menjajal kebolehan kamera Realme 12 Pro Plus. Smartphone ini memang mengedepankan sektor kamera sebagai salah satu nilai jual.

Fitur kamera unggulannya adalah Portrait 3x dan Super Zoom 120x. Kedua fitur kamera memiliki fungsi dan keunggulan yang berbeda-beda. Seperti namanya, fitur Portrait 3x cocok digunakan untuk memotret objek dengan medium shot atau close up.

Fitur yang sama juga dapat digunakan untuk memotret ala model sekelas profesional. Sementara itu, Super Zoom 120x merupakan fitur perbesaran kamera menggunakan zoom digital.

Realme 12 Pro Plus dipastikan akan segera meluncur di Indonesia pada Februari ini. Realme 12 Pro Plus membawa fitur kamera ala flagship. KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Realme 12 Pro Plus dipastikan akan segera meluncur di Indonesia pada Februari ini. Realme 12 Pro Plus membawa fitur kamera ala flagship.
Bagi Anda yang memiliki profesi sebagai model atau kreator konten, Portrait 3x bisa dijadikan pilihan. Sebab, fitur Portrait 3x memungkinkan pengguna melakukan penyesuaian terhadap aperture kamera. Rentang aperture yang bisa diatur mulai dari f/1.8 hingga f/16.

Secara teori, semakin kecil angka aperture, titik fokus kamera juga akan semakin kecil.

Namun, pada saat yang bersamaan, bokeh atau blur yang terdapat di latar belakang objek akan semakin tinggi. Umumnya, efek bokeh ini digunakan untuk memberi sentuhan estetika dalam gambar.

Baca juga: Realme Optimis Masuk Tiga Vendor Smartphone Teratas di Indonesia Tahun Ini

Ilustrasi perbandingan pengaturan aperture (f) dari kamera Realme 12 Pro PlusKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Ilustrasi perbandingan pengaturan aperture (f) dari kamera Realme 12 Pro Plus

KompasTekno memanfaatkan fitur ini dengan memotret objek dari jarak dekat, mulai dari makanan, tumbuhan, hingga foto manusia. Hasil yang dibidik bisa dikatakan cukup baik. Gambar yang dipotret terlihat mewah dan lebih berkesan ketika menggunakan aperture kecil.

Hasil gambar dari fitur 3x Portrait Realme 12 Pro Plus yang dipotret pada malam hariKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Hasil gambar dari fitur 3x Portrait Realme 12 Pro Plus yang dipotret pada malam hari
Akan tetapi, kekurangan dari pengaturan ini adalah titik fokusnya. Titik fokusnya yang terlalu kecil membuat gambar mudah kehilangan fokus. Alhasil, gambar yang seharusnya estetik menjadi buram secara keseluruhan.

Jarak bidik antara kamera dan objek yang dipotret juga harus disesuaikan. Pengguna tidak boleh terlalu jauh ataupun terlalu dekat. Jika kedua kasus tadi dilakukan, kamera akan kesulitan bahkan tidak dapat mencari fokus yang diinginkan.

Hasil foto model menggunakan fitur kamera 3x Portrait dari Realme 12 Pro Plus. Sebelum memotret, kami menggunakan dua filter yang bernama Maverick dan Monochrome (hitam putih)KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Hasil foto model menggunakan fitur kamera 3x Portrait dari Realme 12 Pro Plus. Sebelum memotret, kami menggunakan dua filter yang bernama Maverick dan Monochrome (hitam putih)
Untuk mengakali masalah kehilangan fokus tadi, kami menggunakan perbesaran zoom sebanyak 1x saja. Zoom yang ditawarkan di mode biasa dan portrait berbeda. Di mode portrait, hanya ada dua mode zoom, yaitu 1x dan 3x.

Mode 1x memiliki bidang pandang yang lebih luas, cakupannya mirip seperi kamera utama dengan perbesaran 1x. Pengaturan kamera ini bisa dipakai untuk memotret keseluruhan badan (full body), dari kepala sampai kaki.

Hasil foto mode 3x portrait dari Realme 12 Pro PlusKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Hasil foto mode 3x portrait dari Realme 12 Pro Plus
Ambience di sekitar objek pun bisa tergambarkan dengan baik. Pada saat yang bersamaan, dengan cakupan lebih luas, pengguna bisa tetap mengatur aperture di angka f/1.8. Jadi, dengan hasil yang lebih lebar, pengguna tetap dapat memberi aksesn bokeh pada potret yang diinginkan.

Menurut Ellen Zhou selaku Director Marketing Realme Indonesia, peningkatan fitur kamera yang dihadirkan Realme 12 Pro Plus ditujukan untuk “mengambil hati” kelompok muda. Sebab, menurut temuan Realme, fitur kamera menjadi aspek penting yang dicari oleh konsumen.

“Kami melakukan banyak upaya dan penemuan terkait pengguna kami. Mereka sangat berfokus pada spesifikasi kamera di sebuah ponsel. Fitur kamera menjadi penting, sangat memperhatikan kualitas gambar, ketimbang angka resolusi sebuah kamera,” ujar Ellen kepada KompasTekno saat acara media trip di Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (16/2/2024).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com