Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Realme Optimis Masuk Tiga Vendor Smartphone Teratas di Indonesia Tahun Ini

Kompas.com - 17/02/2024, 08:50 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Pabrikan smartphone Realme menargetkan posisi tiga besar vendor ponsel pintar di Indonesia tahun ini. Hal tersebut dikatakan Director Marketing Realme Indonesia, Ellen Zhou kepada KompasTekno dalam sebuah acara yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (16/2/2024).

“Optimis yang disertai dengan (pandangan) realistis, kami mungkin akan menyasar peringkat ketiga untuk tahun 2024 ini,” ungkap Ellen.

Realistis yang dimaksud Ellen merupakan refleksi dari kinerja Realme di Indonesia selama tahun 2023. Dalam beberapa laporan kondisi pasar smartphone Tanah Air, kinerja Realme selama 2023 cenderung menunjukkan tren negatif.

Misalnya saja dalam laporan yang dipublikasikan firma riset International Data Corporation (IDC) pada November lalu untuk kuartal III-2023.

Baca juga: Realme Note 50, HP Harga Rp 1 Jutaan Segera Masuk Indonesia?

Dalam laporan tersebut, Realme terdepak dari jajaran lima besar penguasa pasar smartphone di Indonesia.

Hasil itu turun dari kuartal I-2023 sebelumnya, di mana Realme berada di peringkat kelima dengan pangsa pasar sebesar 13,7 persen, dan penjualan sekitar 800.000 unit.

Ellen mengatakan, 2023 memang menjadi tahun yang cukup sulit bagi perusahaannya dan brand lain.

“Anda mungkin sadar bahwa berbagai brand di tahun tersebut juga mengalami keterpurukan, penurunan penjualan, dan sebagainya. Maka dari itu, kami akan lebih berusaha di 2024 dengan mempersiapkan hal terbaik di waktu mendatang,” ujar Ellen.

Fokus ke fitur kamera

Realme Indonesia membocorkan strategi yang bakal diterapkan untuk mendongkrak penjualan smartphone-nya di Tanah Air tahun ini. Salah satu strateginya adalah meningkatkan kualitas kamera di smartphone.

“Tahun 2024 menjadi tahun “fotografi” bagi Realme, yang merujuk pada kualitas kamera HP. Lami mencoba membawa fitur paling flagship di smartphone segmen kelas menengah supaya ada banyak orang yang bisa menjajal fitur tersebut,” ungkap Ellen.

Director Marketing Realme Indonesia, Ellen Zhou dalam acara media trip Realme 12 series yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Sabtu (17/2/2024).KOMPAS.com/Caroline Saskia Director Marketing Realme Indonesia, Ellen Zhou dalam acara media trip Realme 12 series yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Sabtu (17/2/2024).

Ellen juga menjelaskan bahwa produk unggulan dari Realme memang berada di smartphone kelas menengah. Harganya yang terjangkau, lalu dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan, diharapkan strategi ini bisa moncer dan mendulang keuntungan.

“Kami cukup percaya diri dengan produk-produk baru yang akan kami luncurkan dalam waktu dekat. Yang mana, produk tersebut diharapkan dapat meningkatkan penjualan kami,” ungkap Ellen.

Tidak diumbar smartphone apa yang dimaksud, tetapi, berdasarkan penelusuran KompasTekno, Realme bakal segera menghadirkan Realme 12 Pro Plus ke Indonesia dalam waktu dekat. Ponsel ini kemungkinan besar akan dirilis bulan Februari.

Baca juga: Realme 12 Series Masuk Indonesia Februari 2024, Ada Model Pro Plus?

Nilai jual dari smartphone tersebut adalah memiliki spesifikasi kamera kelas flagship. Di atas kertas, Realme 12 Pro Plus konon dibekali kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 8 MP, dan kamera telfoto 64 MP dengan zoom optis 3x yang disertai penstabil gambar (OIS/Optical Image Stabilization) dan sensor OmniVision OV64B 1/2 inci.

Smartphone mid-range baru tadi juga ditemukan sudah terdaftar di laman sertifikasi Postel Ditjen SDPPI Kemenkominfo dan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kemenperin.

Konon, Realme akan menghadirkan dua model, yakni Redmi 12 Plus dengan nomor model RMX3867 dan Realme 12 Pro Plus bernomor RMX3840.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com