Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Bluesky, Media Sosial Baru Mirip X Twitter yang Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

Kompas.com - 08/02/2024, 10:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi microblogging Bluesky kini sudah bisa dicoba di Indonesia. Sempat ramai di awal tahun 2023, Bluesky saat itu belum bisa dicoba oleh pengguna secara umum. Namun kini pengguna di Indonesia sudah bisa mencoba aplikasi persis X Twitter satu ini.

Kendati memiliki linimasa utama yang mirip dengan X Twitter, namun Bluesky tetap memiliki beberapa tampilan fitur yang sedikit berbeda. Bagi warganet yang belum sempat menelusuri Bluesky, berikut ini KompasTekno mencoba menjajal menggunakan Bluesky dan mencoba beberapa fiturnya.

Baca juga: Cara Bikin Akun Bluesky, Medsos Baru Mirip Twitter

Apa itu Bluesky?

Sebelum menelusuri lebih lanjut mengenai penggunaannya, Bluesky sendiri merupakan aplikasi media sosial microblogging buatan mantan CEO sekaligus pendiri X Twitter, Jack Dorsey. Maka tak heran linimasa utamanya tampak cukup mirip dengan X Twitter yang menampilkan berbagai postingan dari penggunanya.

Aplikasi ini sudah dikembangkan sejak 2019, namun baru saja bisa dicoba sejak tahun lalu. Pada awalnya Bluesky sendiri berada di naungan Twitter. Namun, pada Februari 2022 proyek ini berdiri menjadu perusahaan sendiri bernama Bluesky PBLLC.

Hingga sekitar Mei 2022, Jack Dorsey berfokus dalam mengembangkan Bluesky menyaingi Twitter, setelah dibeli Elon Musk pada Oktober 2022. Sekilas memang tampak persis X Twitter. Salah satunya dari segi tampilannya.

Ada kemiripan logo Bluesky dengan Twitter yang dulu. Jika Twitter dulu memiliki logo dengan burung buru, Bluesky mengusung logo kupu-kupu biru. Sedangkan pada ikon aplikasinya, Bluesky memiliki ikon kupu-kupu dengan warna putih dan dominasi latar belakang biru.

Daftar Bluesky

BlueskyKompas.com/soffyaranti Bluesky

Dari segi metode pendaftaran, sebelumnya Bluesky menggunakan kode undangan untuk bisa daftar akun. Namun saat ini pengguna sudah bisa mendaftar akun Bluesky lebih mudah layaknya berbagai platform media sosial lainnya.

Pengguna akan mengisi data e-mail, nomor telepon, tanggal lahir, serta mengisi nama handle BlueSky. Salah satu yang menjadi perbedaan Bluesky dengan X Twitter adalah penggunaan nama handle yang diikuti dengan imbuhan “.bsky.social”.

Misalnya saja nama pengguna “satufrasa”, maka penamaan handle akun pengguna menjadi @satufrasa.bsky.social sehingga terkesan kurang praktis. Salah satu perbedaan lainnya Bluesky dari X Twitter adalah pengguna bisa memilih host untuk mengakses layanan saat hendak login.

Tampilan tab menu Bluesky

Ilustrasi akun BlueskyKompas.com/soffyaranti Ilustrasi akun Bluesky

Selanjutnya pada tampilan linimasa Bluesky tampak cukup mirip dengan X Twiiter. Halaman linimasa terbagi menjadi dua bagian, pertama linimasa umum yaitu berisi postingan dari akun yang diikuti. Kedua linimasa Feeds yaitu postingan dari grup yang diikuti, ini mirip seperti Komunitas di X Twitter.

Pada bagian bawah ada lima menu utama, yaitu “Home”, “Pencarian akun/keyword”, menu “Notifikasi”, dan “Profil Pengguna”. Pada bagian profil Bluesky, pengguna bisa menemukan tab Post, Replies, Media, dan Likes.

Postingan Bluesky

Ilustrasi BlueskyKompas.com/soffyaranti Ilustrasi Bluesky

Apabila pengguna ingin mencoba mengunggah postingan, maka bisa mencoba mengklik ikon postingan yang ditandai dengan pensil di pojok kanan bawah. Pengguna bisa memposting hingga 300 karakter dan menambahkan ikon emoji.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com