Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Realme 12 Pro Plus Punya Lensa Periskop, Begini Cara Kerja dan Hasil Fotonya

Kompas.com - 21/02/2024, 13:06 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Realme 12 Pro Plus dipastikan akan meluncur ke Tanah Air pada 29 Februari 2024.

Menurut pihak Realme, ponsel ini mengunggulkan fitur kamera sebagai nilai jual utama. Realme 12 Pro Plus sendiri dibekali lensa periskop ala ponsel flagship.

Kehadiran lensa periskop pertama ke smartphone kelas menengah (mid-range) ini pun juga ditegaskan oleh Diretor Marketing Realme Indonesia, Ellen Zhou, bahwa pihaknya serius meningkatkan segmen fotografi untuk menyasar lebih banyak pengguna dari kelompok muda.

“HP Realme kerap menjadi pilihan pengguna muda. Kami tahu mereka sangat berfokus pada spesifikasi kamera. Kamera jadi fitur penting di smartphone. Jadi, kami membawa apa yang mereka inginkan,” jelas Ellen kepada KompasTekno pada Jumat (16/2/2024) dalam cara media trip ke Kuala Lumpur, Malaysia.

Lantas, apa itu lensa periskop di ponsel?

Ilustrasi konstruksi kamera telephoto dengan lensa periskop di ponsel.Samsung Ilustrasi konstruksi kamera telephoto dengan lensa periskop di ponsel.
Kamera periskop masuk dalam kategori kamera jenis telefoto. Kamera periskop punya cara kerja yang mirip dengan kamera telefoto. Keduanya bertujuan untuk membuat objek di kejauhan bisa tampak lebih dekat.

Bedanya, kamera telefoto biasa umumnya berada di kisaran 50 mm atau 2x dibanding kamera utama. Paling banter, panjang focal length-nya bisa mencapai 80 mm atau 3x dibandingkan kamera utama.

Sementara itu, kamera periskop memiliki focal length jauh lebih panjang daripada lensa telefoto yang terdapat di ponsel pada umumnya.

Misal, focal length kamera periskop bisa mencapai 250 mm (ekuivalen full-frame). Angka tadi bisa 10x lebih besar dari panjang lensa di kamera utama.

Baca juga: Menjajal Kamera Periskop Realme 12 Pro Plus, Begini Hasil Fotonya

Makanya, lewat kamera periskop, kamera ponsel mampu melakukan perbesaran yang ditingkatkan dari 10x atau bahkan 100x menggunakan perbesaran digital.

Lensa periskop Realme 12 Pro Plus kali ini memungkinkan pengguna melakukan zoom hingga 120x. Fitur tersebut diberi nama Super Zoom 120x.

Hasil foto zoom 0,6x hingga 120x menggunakan Realme 12 Pro Plus. Lokasi pengambilan foto adalah di KL Tower, Kuala Lumpur, MalaysiaKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Hasil foto zoom 0,6x hingga 120x menggunakan Realme 12 Pro Plus. Lokasi pengambilan foto adalah di KL Tower, Kuala Lumpur, Malaysia

Perlu dicatat bahwa perbesaran digital punya makna yang berbeda dengan perbesaran optis. Zoom digital tidak memperbesar gambar menggunakan lensa, sedangkan zoom optis menggunakan lensa kamera sungguhan untuk memperbesar gambar.

Kemampuan-kemampuan seperti itu hanya ada di ponsel kelas atas karena memiliki mekanisme dan cara kerja yang berbeda juga. Mekanisme lensa periksop bukan dipasang secara tegak lurus, melainkan dibuat menyamping dalam bodi lensa.

Seperti yang umum diketahui, lensa biasanya diletakkan tepat di depan sensor untuk memantulkan cahaya.

Beda kasusnya dengan periskop. Dikarenakan dirancang menyamping, cahaya yang masuk ke lensa bakal dibelokkan menggunakan prisma, atau sebut saja cermin untuk mengarahkannya ke penangkap gambar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com