Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vivo Klaim Pimpin Pasar Smartphone Indonesia, Pangsa Pasar 19 Persen

Kompas.com - Diperbarui 22/02/2024, 06:43 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

SHENZHEN, KOMPAS.com - Kinerja vendor smartphone Vivo di pasar Indonesia pada kuartal IV-2023 terbilang positif. Sebab, Vivo mengeklaim jadi vendor HP dengan pangsa pasar terbesar di Indonesia, pada kuartal IV-2023, berdasar data yang dikeluarkan Canalys.

"Iya, kita udah lihat hasil Canalys terbaru (kuartal IV-2023)," ujar PR Manager Vivo Indonesia, Alexa Tiara kepada KompasTekno, di sela kegiatan Vivo Tech Trip di Shenzhen, China, Rabu (21/2/2024).

Menurut Tiara, Vivo memimpin pangsa pasar smartphone Indonesia kuartal IV-2023 dengan raihan 19 persen, tanpa menyebutkan pangsa pasar vendor HP lainnya.

"Walau selama ini kita selalu merujuk ke data kita sendiri, tetapi kita tetap bersyukur dengan data (Canalys) yang baru aja keluar," lanjut Tiara.

Soal pertumbuhan, Vivo mengeklaim bahwa pertumbuhan tahunannya  sebesar 13 persen di pasar Indonesia.

Baca juga: Menjajal HP Lipat Vivo X Fold 2 dan X Flip Langsung di Toko Resmi Vivo China

Sebelumnya pada kuartal yang sama tahun sebelumnya, Canalys menempatkan Vivo pada peringkat ketiga dengan pangsa pasar 17 persen.

Menanggapi pertumbuhannya yang positif ini, Alexa berkata bahwa pencapain itu didorong oleh sejumlah produk yang rilis sepanjang kuartal IV-2023, termasuk dari Y-series dan V-series.

Alexa Tiara, PR Manager Vivo Indonesia, difoto dengan HP flagship baru Vivo yang segera meluncur di Indonesia.KOMPAS.com/Lely Maulida Alexa Tiara, PR Manager Vivo Indonesia, difoto dengan HP flagship baru Vivo yang segera meluncur di Indonesia.

"Dengan adanya peluncuran beberapa produk kita yang sangat unggul, seperti Y-series. Kita juga memulai 2023 dengan Y31 yang sangat laku dan kita juga mengakhir tahun 2023 dengan V29 series, yang mendapat sambuatan super hangat dari masyarakat," katanya.

Untuk mempertahankan posisi Vivo ke depannya, Alexa menuturkan bahwa pihaknya akan terus menelurkan produk-produk yang canggih di pasar Indonesia.

Baca juga: Vivo Pastikan Rilis HP Flagship di Indonesia Tahun Ini, X100 Series?

Sebagai informasi, sepanjang tahun 2023 Vivo hanya meluncurkan smartphone kelas entry-level hingga mid-range dari lini seri Y-series dan V-series saja. Adapun seri flagship dari seri X-series absen.

Jadi, kinerja positif Vivo di kuartal IV-2023 diraih perusahaan tanpa menghadirkan ponsel flagship.

Disinggung soal apakah absennya flagship justru mendorong permintaan di segmen lain, Alexa menampik. Sebab, menurut Alexa, semua produk Vivo sudah punya target pasar masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com