Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Bus yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 23/02/2024, 03:00 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan topologi bus, terutama ketika tengah mempelajari tentang jaringan komputer. Untuk diketahui, jaringan komputer adalah sistem yang menghubungkan beberapa komputer.

Tujuan jaringan komputer dibuat adalah agar setiap komputer atau perangkat yang terhubung bisa saling berkomunikasi, transfer data, atau berbagi sumber daya. Untuk menghubungkan beberapa komputer, jaringan komputer ditopang dengan topologi.

Baca juga: Cara Kerja Topologi Mesh dan Fungsinya yang Perlu Diketahui

Topologi merupakan metode atau konfigurasi untuk menghubungkan komputer. Dalam jaringan komputer, terdapat beberapa jenis topologi yang umum dipakai. Salah satunya adalah topologi bus.

Topologi bus punya kelebihan dan kekurangan yang membedakannya dengan jenis topologi lain. Dalam hal ini, pengguna perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan topologi bus supaya bisa membedakannya dengan jenis topologi lain.

Lantas, apa kelebihan dan kekurangan dari topologi bus? Jika tengah mempelajari jaringan komputer, terutama tentang topologi bus, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai kelebihan dan kekurangan topologi bus.

Pengertian topologi bus

Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangannya, ada baiknya pengguna memahami pengertian topologi bus terlebih dahulu.

Pengertian topologi bus perlu dipahami karena terdapat beberapa istilah yang menyangkut kelebihan dan kekurangannya. Lantas, apa yang dimaksud dengan topologi bus?

Dikutip dari Tech Target, topologi bus adalah konfigurasi jaringan yang menghubungkan beberapa perangkat (node) atau komputer, yang mana setiap node terhubung menggunakan minimal satu kabel atau saluran utama (backbone).

Saluran utama di topologi bus itu biasa disebut juga dengan “bus”. Semua node yang terhubung di saluran utama atau bus itu dapat berkomunikasi dengan yang lainnya melalui segmen jaringan tunggal.

Topologi jaringan memiliki konfigurasi atau metode menghubungkan jaringan yang cukup sederhana dan dapat diandalkan. Jika satu titik atau node gagal berfungsi, perangkat lainnya di jaringan bus masih dapat berkomunikasi satu sama lain.

Gangguan besar pada proses komunikasi topologi bus bisa terjadi apabila salurannya dipotong atau terdapat kerusakan di sepanjang saluran. Topologi bus bus juga mudah diperluas. Node tambahan dapat ditambahkan di mana saja sepanjang saluran.

Di satu sisi, topologi bus memiliki sejumlah keterbatasan. Misalnya, panjang saluran utama perlu dibatasi karena berpotensi hilangnya sinyal sepanjang jalur.

Selain itu, topologi bus mungkin tidak berfungsi dengan baik jika stasiun yang terhubung terletak di titik-titik yang tidak saling berdekatan dengan saluran utama.

Itulah penjelasan mengenai pengertian topologi bus. Dari penjelasan pengeritan itu, sejatinya sudah terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan topologi bus. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan kelebihan dan kekurangan topologi bus.

Kelebihan dan kekurangan topologi bus

Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan topologi bus yang perlu diketahui. Misalnya, salah satu kelebihan topologi bus adalah instalasi dan pengoperasinnya bisa dibilang lebih mudah dibanding topologi lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com