Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Router dan Switch dalam Jaringan Komputer yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 16/02/2024, 02:02 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui tentang perbedaan router dan switch, terutama pengguna yang tengah belajar mengenai jaringan komputer. Router dan switch merupakan perangkat yang umum dipakai dalam jaringan komputer.

Dua perangkat tersebut sama-sama memiliki fungsi sebagai perangkat penghubung dalam jaringan komputer. Kendati fungsinya mirip, router dan switch sejatinya memiliki sejumlah perbedaan. Lantas, apa perbedaan router dan switch?

Baca juga: 4 Perbedaan Hub dan Switch dalam Jaringan Komputer yang Perlu Diketahui

Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap mengenai perbedaan router dan switch. Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini soal perbedaan router dan switch dalam jaringan komputer.

Perbedaan router dan switch

Untuk memahami perbedaan router dan switch, pengguna kiranya perlu mengetahui dulu masing-masing pengertiannya. Pengertian dari router dan repeater dapat mempermudah pengguna mengenali masing-masing fungsi dan karakteristiknya.

Dari fungsi dan karakteristik itu, pengguna dapat mengetahui perbedaan router dan switch dengan lebih mudah. Adapun masing-masing penjelasan dari pengertian router dan switch adalah sebagai berikut.

Apa itu router?

Router adalah sebuah perangkat jaringan yang bekerja dengan menghubungkan dua jaringan atau lebih. Router biasa dipakai untuk menghubungkan jaringan komputer atau perangkat jaringan seperti smartphone, laptop, dan tablet ke jaringan internet.

Router bekerja pada lapisan jaringan dalam arsitektur jaringan atau model OSI, yang membuatnya memiliki beberapa fungsi utama seperti mengelola lalu lintas antara jaringan-jaringan dan meneruskan paket data ke alamat IP yang dituju.

Router juga memungkinkan beberapa perangkat menggunakan koneksi Internet yang sama. Router dapat digunakan pada jenis jaringan Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN), dan Wide Area Network (WAN).

Dalam menjalankan tugas untuk mengelola lalu lintas jaringan dan menghantarkan paket data ke perangkat lain, router dibekali dengan beberapa fitur keamanan jaringan, seperti firewall, enkripsi, dan pengelolaan akses.

Baca juga: 6 Jenis Topologi Jaringan Komputer serta Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Apa itu switch?

Switch adalah perangkat jaringan yang memiliki fungsi utama untuk menghubungkan perangkat-perangkat dalam jaringan. Switch memungkinkan perangkat-perangkat dalam jaringan komputer untuk berkomunikasi dengan bertukar paket data.

Switch beroperasi pada lapisan data-link atau Layer 2 dalam model OSI. Switch dapat digunakan pada jenis jaringan LAN yang menggunakan koneksi ethernet. Untuk meneruskan data dalam jaringan, switch menggunakan MAC Address.

Switch mengatur ke mana data harus dikirim dengan melihat MAC Address yang terdapat pada tiap perangkat. Sebuah switch dapat mencakup beberapa port, yang masing-masing dapat dihubungkan ke LAN atau server sebagai penghubung perangkat.

Itulah pengertian router dan switch. Dari pengertian di atas, setidaknya terdapat beberapa perbedaan router dan repeater yang dapat ditemukan. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah perbedaan router dan switch.

Perbedaan router dan switch

Salah satu perbedaan router dan repeater adalah terletak pada kemampuan dan fungsinya. Router memiliki kemampuan untuk mengelola dan menghubungkan jaringan dengan perangkat. Sementara itu, switch berfungsi untuk menghubungkan antar perangkat.

Selain itu, masih terdapat beberapa perbedaan router dan switch yang lain dan perlu diketahui. Adapun beberapa perbedaan router dan switch dalam jaringan komputer yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:

Router

  • Alat untuk mengelola dan menghubungkan dua jaringan atau lebih.
  • Beroperasi pada lapisan jaringan.
  • Router bisa digunakan pada jenis jaringan LAN, MAN, atau WAN.
  • Router mengirimkan data dalam bentuk paket.
  • Router memerlukan setidaknya dua jaringan untuk terhubung.

Switch

  • Alat untuk menghubungkan beberapa perangkat dalam satu jaringan.
  • Beroperasi pada lapisan data-link.
  • Switch hanya bisa digunakan pada jenis jaringan LAN.
  • Switch mengirimkan data dalam bentuk frame.
  • Switch membutuhkan setidaknya satu jaringan untuk terhubung.

Itulah penjelasan lengkap seputar perbedaan router dan switch. Dengan mengetahui perbedaan tersebut, pengguna bakal lebih mudah mengenali tiap fungsi dari router dan switch dalam jaringan komputer.

Baca juga: 5 Fungsi Repeater dalam Jaringan Komputer dan Jenis-jenisnya

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com