Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Game Mobile Paling Laris, "Honor of Kings" Paling Cuan

Kompas.com - Diperbarui 25/02/2024, 09:13 WIB
Soffya Ranti,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Firma riset Sensor Tower merilis daftar game mobile paling laku keras alias "cuan" di awal 2024 ini. Game Honor of Kings buatan Tencent menjadi game paling laku keras di pasaran secara global pada Januari 2024.

Berdasarkan laporan Sensor Tower, Honor of Kings meraup 233 juta dollar AS (sekitar Rp 3,6 trilliun) dari toko aplikasi Google Play Store dan App Store selama satu bulan. Sensor Tower mengatakan bahwa hal ini tidak mencakup atau tidak termasuk data dari saluran distribusi Android yang berasal dari pihak ketiga.

Meskipun sempat absen selama beberapa bulan, game Honor of Kings berhasil kembali menduduki peringkat pertama dalam daftar game seluler yang paling banyak dimainkan di seluruh dunia.

Dalam laporan tersebut Honor of Kings berhasil mencapai puncak penjualan dalam satu hari pada tanggal 5 Januari 2024, yang didukung oleh berbagai program seperti peluncuran skin karakter baru, dimulainya musim baru, dan ketersediaan kembali skin karakter dalam jangka waktu terbatas.

Sementara pada urutan kedua, terdapat game Monopoli Go! yang meraih pendapatan 227 dollar AS (sekitar Rp 3,5 trilliun).

Sensor Tower mengatakan terdapat tiga negara yang paling berkontribusi dalam pendapatan game, 78 persen berasal dari pasar Amerika. Pasar Singapura menyumbang 3,3 persen, dan Inggris menyumbang 3,2 persen.

Tiga game lain yang masuk lima besar game paling cuan adalah Royal Match dari Dream Games, Roblox, dan Candy Crush Saga dari King.

Baca juga: Daftar Game yang Dipertandingkan di IESF WEC 2024, Tidak Ada Tekken

Laporan Sensor Tower Game Paling Laris Gizchina Laporan Sensor Tower Game Paling Laris
Pada bulan Januari 2024, pengguna game seluler di seluruh dunia menghabiskan sekitar 6,5 miliar dollar AS (sekitar Rp 101,3 trilliun) di toko aplikasi App Store dan Google Play Store.
Meskipun angka ini sedikit berkurang 2,3 persen dari bulan sebelumnya.

Amerika Serikat masih menjadi pasar game mobile terbesar di dunia yang menghasilkan sekitar 2 miliar dollar AS (sekitar Rp 31 trilliun) atau hampir 30 persen dari total pendapatan global.

Pasar iOS di Tiongkok menempati peringkat kedua dengan kontribusi sekitar 18,6 persen, sementara pasar Jepang berada di urutan ketiga dengan kontribusi 15,3 persen.

Masih dari daftar Sensor Tower, tiga game teratas dengan pertumbuhan paling signifikan di bulan Januari, didominasi oleh game-game besutan Tencent, yakni CrossFire: Legends, TFT: Teamfight Tactics, dan Honor of Kings, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizchina, Jumat (23/2/2024).

Selengkapnya berikut ini daftar game mobil paling cuan awal 2024 berdasarkan data Sensor Tower.

  1. Honor of Kings
  2. Monopoly Go
  3. Royal Match
  4. Roblox
  5. Candy Crush Saga
  6. Coin Master
  7. TFT: Teamflight Tactis
  8. Genshin Impact
  9. PUBG Mobile
  10. Whiteout Survival

Baca juga: Asus Rilis Update ROG Ally, Jadi Bisa Atur TDP Saat Main Game

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com