Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Forum Online Reddit Bersiap Melantai di Bursa Saham

Kompas.com - 26/02/2024, 12:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Situs forum online Reddit bersiap untuk melalukan penawaran saham perdana (Initial Public Offering/IPO).

Reddit berencana melantai di bursa saham New York Stock Exchange (NYSE) dengan kode saham "RDDT". Hal ini diumumkan langsung oleh Reddit di blog resminya.

Ini menandai kedua kalinya Reddit mengajukan IPO. Reddit pertama kali mengajukan pendaftaran "go public" pada Desember 2021. Saat itu, nilai kapitalisasi pasar Reddit bernilai sekitar 10 miliar dollar AS. Namun, pasar IPO yang tidak stabil membuat rencana perusahaan mundur.

Jumlah saham yang akan ditawarkan, kisaran harga IPO, hingga jadwal listing di bursa NYSE belum ditentukan. Namun, perusahaan yang berdiri sejak 2005 ini sudah menyerahkan Formulir S-1 Komisi Sekuritas dan Bursa AS (Securities and Exchange Commission/SEC).

Formulir S-1 adalah pernyataan pendaftaran yang harus diajukan perusahaan ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) ketika ingin melantai di bursa saham. Ini juga dikenal sebagai "formulir pendaftaran".

Baca juga: Reddit Mem-PHK 90 Karyawan demi Kejar Balik Modal

Reddit akan mengalokasikan pembagian menggunakan sistem berjenjang. Prioritas pertama akan diberikan pada pengguna dan moderator yang dianggap telah memberikan kontribusi penting pada program komunitas Reddit.

Selanjutnya, para pengguna dengan skor "karma" minimal 200.000 dan mereka yang telah melakukan setidaknya 5.000 tindakan moderator akan diundang untuk membeli saham.

Karma adalah skor pengguna yang menunjukkan seberapa banyak Anda berkontribusi pada komunitas Reddit

Setiap kali pengguna mendapat suara positif (upvote), memberi penghargaan, atau menerima penghargaan, pengguna akan mendapat karma. Sementara itu, mendapatkan suara negatif (downvote) mengurangi karma pengguna.

Reddit menyebut, menyiapkan 1,3 juta lembar saham untuk mendanai program terkait komunitas yang memberdayakan Redditor untuk mewujudkan ide-ide mereka.

Saat ini, Reddit masih berupa perusahaan pribadi yang dibekengi beberapa investor. Tiga pemegang saham terbesar Reddit secara berurutan adalah Advance Publications (yang memiliki Condé Nast), Tencent, dan Sam Altman.

Fakta menarik dari pengajuan IPO Reddit, ternyata CEO OpenAI (ChatGPT) Sam Altman memiliki lebih banyak saham daripada CEO Reddit Steve Huffman.

CEO OpenAI memiliki 8,7 persen saham, sedangkan Huffman memiliki 3,3 persen saham Reddit. Karena sahamnya lebih banyak, Altman disebut memiliki hak suara lebih dari dua kali lipat Huffman.

Reddit masih merugi

ilustrasi Redditbusinessinsider.com ilustrasi Reddit
Dalam formulir tersebut, Reddit mengungkapkan pendapatan perusahaan sebesar 804 juta dollar AS pada tahun lalu. Sebagian besar pendapatan tersebut berasal dari bisnis iklan. Revenue Reddit pada 2023 naik 20 persen dari 666,7 juta dollar AS yang dihasilkan pada 2022.

Meski tumbuh, Reddit masih "buntung" dari sisi profit. Perusahaan yang didirikan pada tahun 2005 oleh pengusaha teknologi Alexis Ohanian dan Steve Huffman ini mengatakan telah mengalami kerugian bersih sejak didirikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com