Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reddit Mem-PHK 90 Karyawan demi Kejar Balik Modal

Kompas.com - 07/06/2023, 11:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Yahoo

KOMPAS.com - Badai pemutusan hubungan kerja (PHK) di industri tenologi masih berlanjut. Kini, situs forum online Reddit menjadi perusahaan paling baru yang melakukan PHK karyawan.

Reddit mengonfirmasi melakukan PHK terhadap 5 persen dari total tenaga kerjanya, atau sekitar 90 karyawan. Layoff dilakukan pada Selasa (6/6/2023).

Menurut laporan The Wall Street Journal, Reddit ingin mengurangi biaya (cost) dalam upaya untuk mencapai break even point alias titik impas atau balik modal, yang ditargetkan pada tahun depan.

Titik impas mengacu pada jumlah pendapatan yang harus diperlukan untuk menutup total biaya yang sudah dikeluarkan dalam jangka waktu tertentu, baik biaya tetap maupun biaya variabel.

Baca juga: Reddit Diam-diam Sudah Daftarkan Diri untuk IPO

Demi mencapai break even point, Reddit juga dilaporkan mengurangi proyeksi jumlah perekrutan tenaga kerja baru untuk tahun 2023, dari 300 orang menjadi 100 orang saja.

Pada 2021, Reddit dilaporkan memiliki 700 karyawan secara global. Sayangnya, tidak ada informasi soal jumlah pegawai situs forum online yang didirikan oleh Aaron Swartz ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari YahooNews, Rabu (7/6/2023).

Perusahaan teknologi yang PHK karyawan pada 2023

Ilustrasi PHKDok. Jobplanet Ilustrasi PHK
Rentetan PHK perusahaan teknologi

PHK Reddit ini memang tidak semasif PHK yang dilakukan sejumlah perusahaan teknologi raksasa pada awal 2023.

Sebut saja seperti Amazon. Raksasa e-commerce Amazon mengumumkan PHK terhadap 1,2 persen dari total karyawan atau setara 18.000 karyawannya. PHK ini menjadi rekor PHK terbesar sepanjang sejarah berdirinya Amazon.

Baca juga: Induk Facebook Mulai Putaran Terakhir PHK Massal 10.000 Karyawan

Perusahaan software raksasa Microsoft juga melakukan PHK massal terhadap 10.000 karyawan.

Perusahaan teknologi raksasa Google tampaknya juga tak kebal dari PHK massal. CEO Alphabet dan Google, Sundar Pichai mengumumkan PHK terhadap 12.000 karyawan.

Menurut Pichai, pihaknya akan mem-PHK sekitar 12.000 karyawan atau kira-kira 6 persen dari total karyawan Google yang ada di seluruh dunia.

Platform musik alir Spotify juga melakukan PHK terhadap 600 karyawan. Platform transfer uang PayPal juga mengumumkan PHK terhadap ribuan karyawannya. PayPal memangkas 2.000 karyawan di akhir bulan Januari kemarin.

Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, International Business Machines (IBM) juga melakukan PHK terhadap 3.900 karyawan.

Platform berbagi video Vimeo juga melakukan PHK massal. CEO Vimeo, Anjali Sud mengumumkan layoff terhadap 11 persen karyawannya.

Salesforce menjadi perusahaan teknologi berikutnya yang melakukan PHK massal. Ada sekitar 10 persen karyawan Salesforce yang terdampak layoffs. Selain melakukan PHK, Salesforce juga menutup beberapa kantor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com