Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MWC 2024: Ookla Umumkan Telkomsel Operator Terbaik di Indonesia

Kompas.com - 27/02/2024, 20:06 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

BARCELONA, KOMPAS.com - Pada ajang Mobile World Congress 2024 di Barcelona, Spanyol, Telkomsel dinobatkan sebagai operator seluler dengan jaringan tercepat dan terluas di Indonesia oleh Ookla.

Ookla adalah perusahaan penyedia layanan uji kecepatan internet yang rutin melakukan pengujian setiap kuartal termasuk di Indonesia.

Pada ajang konferensi teknologi seluler terbesar di dunia itu, Ookla mengumumkan hasil analisis periode Juli-Desember 2023, di mana jaringan broadband Telkomsel telah menjangkau 97 persen wilayah populasi di Indonesia.

Baca juga: Telkomsel dan Singtel Hadirkan Solusi 5G dan Edge Cloud Computing Pertama di Indonesia

Hasil ini mengantarkan Telkomsel sebagai operator dengan jaringan terluas (Best Mobile Coverage) di Ookla Speedtest Award dengan skor jangkauan 889 poin.

Selain unggul dari segi jangkauan, Telkomsel juga dinobatkan Ookla unggul dalam kategori kecepatan jaringan, dengan meraih skor 40,89 poin.

Skor ini didasarkan pada analisis Ookla, merujuk pengalaman kecepatan unduh (download) dan unggah (upload) pelanggan.

Karena total skor tersebut, Telkomsel meraih predikat operator dengan jaringan tercepat (Fastest Mobile Network) di Indonesia.

Baca juga: Telkomsel Opsel Terbaik untuk Main Game di Jaringan 5G

Telkomsel dinobatkan sebagai Best Mobile Network oleh Ookla di ajang MWC 2024.Ookla Telkomsel dinobatkan sebagai Best Mobile Network oleh Ookla di ajang MWC 2024.

Tak hanya itu, Ookla juga memberikan gelar Best Mobile Network kepada Telkomsel karena kemampuan operator itu dalam menjaga konsistensi kecepatan download dan multi-server latency.

Median kecepatan download Telkomsel periode Juli-Desember 2023, adalah 31,14 Mbps. Sementara latensi multi-servernya terhitung yang terendah, di angka median 45 milidetik.

Baca juga: Telkomsel-Huawei Teken Kerja Sama Pengembangan Infrastruktur Digital di MWC 2024

Penghargaan kali ini menandai kelima kalinya Telkomsel mendapat gelar "Best Mobile Network" dari Ookla secara berturut-turut. Pasalnya sejak tahun 2022, Telkomsel juga sudah menyabet penghargaan yang sama. termasuk pada kuartal III-2022 dan kuartal IV-2022.

"Capaian ini menjadi penambah semangat Telkomsel dalam komitmen mengimplementasikan teknologi terkini dan memperkuat kapabilitas jaringan broadband berkecepatan tinggi untuk peningkatan kualitas pengalaman gaya hidup digital para pelanggan secara merata dan setara," kata Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng di sela pergelaran MWC 2024, Selasa (27/2/2024).

Adapun Telkomsel hingga saat ini sudah memiliki 158,3 juta pelanggan mobile dan 8,5 juta pelanggan fixed (IndiHome) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Operator pelat merah ini juga sudah menggelar 233.000 BTS yang didukung konektivitas 4G dan 5G, guna melayani 97 persen wilayah populasi di Tanah Air.

Baca juga: Telkomsel Jadi Operator Seluler Paling Ngebut dan Luas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com